Liga Terbaik di Dunia?

Akhir akhir ini terjadi perdebatan sengit di kalangan pecinta sepakbola.

Kompetisi manakah yang merupakan Liga terbaik di dunia?

Sebagian besar menjawab Liga Inggris, cukup banyak yang menjawab Liga Spanyol.
Sementara beberapa orang yang anti mainstream menyebut Liga Jerman, Italia, atau Perancis.

Tidak bisa dipungkiri, kandidat terkuat Liga terbaik di dunia adalah Liga Inggris. Sebagai bukti, Liga Inggris (Premier League)saat ini merupakan kompetisi yang paling banyak ditonton di dunia.

Lalu apakah sebenarnya kriteria kompetisi sepakbola terbaik di dunia?

Penggemar premier league akan dengan mudah menjawab, “Liga terbaik di dunia adalah liga yang tidak didominasi oleh satu atau dua klub, klub kecil sering mengejutkan klub besar dan banyak kejutan.”
Tidak peduli klub klub dari liga tersebut berprestasi di Liga Champions atau tidak, yang penting mereka mampu memberi hiburan.

Apakah cuma itu kriterianya?

Well, kalau cuma itu saja, cobalah tengok kompetisi dalam negeri kita.
Indonesia Super League (ISL) memenuhi semua kriteria di atas.
Tidak ada satu klub pun yang mendominasi ISL. Belum ada klub yang berhasil menjadi juara 2 musim berturut-turut. Bahkan klub yang baru juara di musim sebelumnya bisa terdegradasi di musim berikutnya, sebaliknya klub yang baru promosi bisa menjadi juara.

Klub besar kalah dari klub kecil?

Sering!!!, apalagi kalau klub “kecil” tersebut main di kandang sendiri.¬†Ada kemungkinan tim tamu yang punya nama besar justru dibantai dengan skor telak.

Kalau cuma dilihat dari ketatnya kompetisi, ISL bisa disebut lebih unggul dari BPL. Lalu apakah ISL adalah kompetisi yang lebih baik dari BPL?
Tidak juga.

Nah, dari contoh di atas, bisa kita simpulkan kalau BPL disebut sebagai salah satu liga terbaik di dunia bukan karena ketatnya kompetisi.

Saya lebih setuju kalau hal-hal inilah yang sebenarnya mengorbitkan pamor liga Inggris.

1. Uang.

Tanpa adanya investor asing yang membeli klub-klub liga Inggris, tidak mungkin premier league bisa seperti sekarang.
Asal tahu saja, pada tahun 2004, Liga Italia masih menjadi tontonan yang lebih populer dari BPL.
Setelahnya, perlahan lahan kepopuleran Liga Inggris semakin jauh meninggalkan Italia. Jelas ada hubungannya dengan uang karena di tahun 2004, Roman Abramovic membeli sebuah klub Inggris yang miskin prestasi, Chelsea FC. Sampai sekarangpun kebanyakan klub klub Inggris dikuasai oleh asing.

2. Pengelolaan Liga.

Liga Inggris adalah sebuah kompetisi yang dikelola dengan baik. Lihat saja, dari mulai fasilitas, stadion dll semua dikelola dengan amat baik. Tidak heran kalau semua orang sangat tertarik.
Bandingkan dengan Liga Italia misalnya, maka akan terdapat jurang yang dalam di antara keduanya. Saat ini semua klub EPL sudah punya stadion milik sendiri, sementara di Italia, hanya Juventus yang punya stadion pribadi. Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi di Spanyol.

3. Media dan penyiaran.

Berbicara soal penyiaran, Liga Inggris memang sangat menarik untuk disaksikan.
Saya pernah mencoba membandingkan siaran langsung Liga Inggris dengan liga liga lain dan memang menonton siaran langsung liga Inggris jauh lebih menarik. Suara komentator, penyajian statistik dan pengambilan gambar sebuah pertandingan Liga Inggris benar benar menarik, bahkan lebih menarik dari piala dunia sekalipun.
Kepopuleran Liga Inggris juga tidak lepas dari campur tangan media.
Media Inggris sangat sering membahas hal hal yang bahkan tidak ada hubungannya dengan sepakbola, seperti kasus perselingkuhan, perseteruan antar pemain/ pelatih dll.

Menurut saya 3 hal itulah yang membuat Liga Premier Inggris menjadi begitu populer saat ini.
Faktor yang paling penting tentu saja adalah uang.
Saya sangat yakin apabila Liga Spanyol atau Italia dibanjiri oleh para investor asing yang sangat loyal mengeluarkan dana untuk klubnya, Liga Inggris akan bisa disaingi.

Sampai dengan saat itu, kita tidak bisa menentukan kompetisi sepakbola terbaik di dunia.
Sama halnya kita tidak bisa menentukan satu pembalap terbaik dari para pembalap yang kecepatan mobilnya tidak sama.

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!