Refleksi 20 Tahun

Maafkan saya jika saya terburu-buru memposting tulisan ini. Saya bahkan tidak sempat mengedit tulisan ini sebelum saya posting.

Ini merupakan posting yang saya buat di hari ulangtahun saya yang ke 20.

Ya, hari ini.. 12 Agustus 20 tahun yang lalu saya datag ke dunia ini.

Dipandang dari sudut manapun 20 merupakan angka yang tidak kecil. Dalam Bahasa inggris, duapuluh (twenty) adalah bilangan pertama sejak duabelas (twelve) yang tidak berakhiran dengan -teen. Jika kita coba telusuri arti dari kata teen sendiri adalah remaja. Sehingga dapat disimpulkan , 20 adalah akhir dari masa remaja yang dimulai sejak umur 13.

Artinya , seseorang yang sudah berumur 20tahun tidak sepatutnya bertindak seperti anak remaja. Tanggung jawab lebih banyak akan dibebankan dan saya paham betul akan hal itu.

Harus saya akui sebenarnya saya sulit menerima kalau masa remaja saya telah berakhir. Saya rasa , masih banyak yang harus saya lakukan sebagai remaja. Namun ,saya tidak akan melakukannya, karena itu artinya sebuah kemunduran terjadi di hidup saya. Di jaman dimana setiap orang dituntut untuk saling berkompetisi, rasanya tidak bijak apabila saya malah berjalan mundur.

Jika saya harus jujur, saat ini saya sama sekali tidak tahu bagaimana caranya untuk menjadi pribadi yang benar-benar dewasa(sesuai umur saya).

Tapi  sepertinya seseorang yang dewasa tidak pernah tahu bagaimana ia bisa menjadi seperti itu. Semuanya terjadi secara alami yang dibentuk oleh pengalaman-pengalaman sepanjang hidupnya.

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak memikirkan itu semua. Lebih baik melakukan apa-apa yang menjadi tanggung jawab saya ketimbang hanya memikirkannya.

I’ll do what I have to do!

Satu-satunya harapan saya di ulang tahun yang ke 20 ini adalah saya ingin menjadi berkat bagi sebanyak mungkin orang. Saya akan sangat bahagia kalau bisa membuat kehidupan orang lain lebih bahagia, lebih tenang dan lebih berwarna.

Semoga bisa terwujud! Amin.

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

4 replies to Refleksi 20 Tahun

  1. masa muda belum berakhir bung…
    selama mimpi dan harapan masih ada

    • Eits, ini postingan lama baru ane edit lagi kok muncul di timeline ente ya..

      • Saya lihat lewat email…. ga tahu juga sih….yg penting mampir hehehe

        • Ahahaha, gitu ya, padahal cuma iseng edit postingan lama, pake dikirim email segala. WordPress-nya agak gila nih.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!