Berhenti Menulis Blog?

Kalau tidak salah saya pernah menulis tentang alasan saya pada akhirnya memutuskan untuk membuat blog dan mengisinya dengan tulisan-tulisan.

Jujur saja, saya adalah orang yang pemalu dan sulit mengutarakan pendapat secara langsung.

Blog ini saya gunakan sebagai sarana untuk mengeluarkan pendapat-pendapat yang tak mungkin dan tak bisa saya kemukakan secara langsung. Harapannya tulisan-tulisan di blog ini akan mempertemukan saya dengan orang-orang yang sepemikiran. Ada juga harapan bahwa tulisan-tulisan yang saya muat di blog ini akan dibaca banyak orang, mungkin akan memberikan sedikit informasi, lalu mungkin…mungkin pada akhirnya saya pun akan mendapatkan sesuatu dari blog ini.

Well, semuanya terjadi sesuai yang saya harapkan. Blog ini pernah mendapatkan ribuan pengunjung per hari, yang menurut saya sangat…sangat besar jumlahnya. Saya mendapatkan cukup banyak komentar dan feedback dan pada akhirnya saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang memiliki pemikiran dan pendapat yang sama mengenai topik-topik atau peristiwa tertentu.

Hal itu tentu saja membuat saya senang dan bangga.

Lalu kenapa saya kepikiran untuk berhenti menulis di blog?

Setelah terakhir menerbitkan sebuah tulisan beberapa bulan yang lalu, saya selalu mencoba untuk kembali menulis. Tetapi tulisan-tulisan tadi selalu terhenti di paragraf pertama dan kedua.

Tulisan ini pun, sebenarnya nyaris terhenti di paragraf ketiga. Tetapi saya memutuskan untuk melanjutkannya, tentunya, jika anda membaca tulisan ini artinya saya berhasil menyelesaikan tulisan saya.

Intinya saya sedang berusaha untuk sedikit demi sedikit kembali menulis. Ada banyak hal di kepala saya, namun mereka seolah bersembunyi saat jemari-jemari saya menyentuh keyboard laptop.

Dalam beberapa hari ke depan sewa hosting blog ini akan habis dan saya masih ragu untuk memperpanjangnya. Ada kemungkinan blog ini akan hilang untuk selamanya dan mungkin saya akan benar-benar berhenti menulis blog.

Jika itu terjadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman blogger dan siapapun yang pernah membaca dan meninggalkan komentar di blog ini.

Sampai jumpa di lain waktu!

Advertisements

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

15 replies to Berhenti Menulis Blog?

  1. Hai Mas Firman, snang akhirnya, setidaknya Anda menyapa lwat tulisan ini, jngn hilang bgtu aj dong.

    Sy ingin Anda ttp menulis, bbrp wktu llu sy ad buat ttg tips ngatasi malas ngeblog.

    Yok, sewa hostingnya dibayar biar ttp nyala blognya. Sayang sekali kalau blog-nya hilang, kan bnyak tulisan2mu yg bermanfaat bg pmbca. So, ttp nulis dong, Anda slh satu bloger yg sangat sy harapkan stlah shiq4. Tp shiq4 gak mungkin lg sy berharap dg nya, krn ia tlah tiada

    • Makasih mas atas support-nya. Iya saya sudah liat judul tulisan anda yg tips menulis itu tp belum sempat saya baca. Semoga bisa saya terapkan.

    • btm tampilan blog mas makin keren sekarang, sudah pake domain sendiri pula. Pake yg dr wordpress atau selfhosting mas klo boleh tau?

  2. Melihat tulisan ini sy jadi ragu mau follow atau tidak

    • follow dong, satu following dari anda sangat berarti bagi blog ini.

    • Ha ha… jngn mas, hrs follow dong…jngn ketipu dg retorikanya yg meragukan..

  3. Nggk ah percuma kan mau pergi. Berhenti nulis. Sy sudah capek diphp *egimana

  4. Agak menyayangkan juga bila dengar rekan blogger akn berhenti menuis. Bila ingin beristirahat atau tdk mau bayar hosting, yang gratisan juga ada hehe. But who am I to judge? Semoga bisa nyaman dg keputusannya. Terima kasih sdh berbagi.

    • Halo, terima kasih atas komentarnya. Sebenarnya saya tidak terlalu ngarep postingan ini mendapat komentar dan respons dari kawan-kawan bloger. Ini membuat saya berpikir ulang untuk berhenti menulis.

  5. Ahh padahal saya mau denger pengalaman Mas Firman selama blogging dengan self-hostingnya . Tapi apapun nanti keputusan Mas Firman nanti saya hormati. Saya sih akan tetep mantengin disini *walaupun sekarang sudah males sekali posting*

    Apakah benar benar langsung hilang Mas Firman?*kalau tidak diperpanjang*Apa tidak kembali kedomain yang dulu?

    Kalau Mas Firman bener bener berhenti saya mau ucapin terimakasih buat usahanya membagi pemikiran Mas Firman ke pembaca selama beberapa tahun ini.

    • Smga sja Mas Firman ttp stay ngeblog.. 🙂

    • Terima kasih mas Yohan atas komentarnya. Kalau hosting nggak diperpanjang semua postingan akan hilang kecuali dibackup & dipindah ke blog lain.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!