Beberapa Cara Menonton Pertandingan Liga 1 Indonesia

cara menonton liga 1
gambar: twitter @Liga1Match

Menonton pertandingan Liga 1 Indonesia musim ini tak semudah musim-musim sebelumnya. Banyak kendala seperti siaran yang buruk, stasiun TV yang tidak menjangkau daerah-daerah terpencil, siaran yang diacak dan lain sebagainya.

Ini merupakan konsekuensi dari industri sepakbola yang sedang coba dibangun oleh PSSI dan PT Liga Indonesia. Berbagai hal dilakukan agar kompetisi sepakbola kita tak hanya kompetitif dan menghibur, tetapi juga mampu menghasilkan pundi-pundi.

Paling mudah tentunya adalah dengan memaksimalkan pendapatan dari hak siar. Dampaknya, musim ini hak siar Liga Indonesia tak hanya dimiliki oleh satu stasiun tv swasta saja, tetapi juga beberapa perusahaan tv berlangganan dan situs penyedia layanan video berbayar.

Namun hal ini malah menyebabkan siaran liga Indonesia sulit dinikmati oleh banyak orang.

Karena itu saya mencoba memberikan informasi mengenai beberapa cara untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan liga 1 Indonesia.

Cara 1 : TV dan Antena

Ini adalah cara termudah dan termurah untuk menonton Liga 1. Tak perlu membayar biaya apapun kecuali listrik, kita dapat menonton siaran Liga 1 dengan bebas. Persoalannya adalah tvOne sebagai pemegang hak siar Liga 1 tak memiliki jaringan yang luas. Jangankan di kampung-kampung terpencil, di beberapa kota besar saja siaran tvOne masih tidak bisa diterima dengan baik.

Cara 2 : Parabola

Alternatif berikutnya adalah parabola. Bagi yang belum tahu, jika anda pengguna parabola dan mendapati siaran TV anda diacak ketika sedang menayangkan siaran bola, anda masih bisa menonton siaran tersebut dengan memasukkan kode bisskey.

Kode bisskey bisa dengan mudah kita dapatkan di media social. Ada banyak akun-akun yang dengan sukarela memposting kode-kode tersebut setiap kali ada jadwal pertandingan.

Silakan follow akun @BisskeyID dan @BisskeyUpdate di twitter atau Facebook Fans Page BisskeyID.

Cara memasukkan kodenya pun cukup mudah. Pindahkan channel tv ke channel yang diacak, biasanya ditandai dengan layar yang gelap tanpa suara. Lalu tekan tombol INFO pada remote control receiver parabola, kemudian tekan lagi tombol 1, 2, 3, dan 4 satu per satu.

Layar akan menampilkan sebuah form kosong. Masukkan 16 digit kode bisskey yang anda dapat dari salah satu akun tadi, jika sudah selesai tekan OK atau tombol lain sesuai petunjuk di layar TV.

Kalau tidak ada kesalahan, siaran yang diacak akan terbuka.

Cara 3: Berlangganan Orange TV

Seringkali kode Bisskey tak bisa membuka acakan siaran. Menurut beberapa sumber, ini disebabkan pihak stasiun TV menggunakan “acakan maut” atau Xcrypt. Kalau itu terjadi kita tak akan bisa menonton siaran pertandingan dengan menggunakan parabola.

Kita harus mengganti receiver parabola dengan receiver Orange TV. Kenapa harus Orange TV? Ya karena merekalah pemegang hak siar Liga 1 musim ini selain tvOne. Orange TV menyiarkan pertandingan Liga 1 di channel festival.

Ini bukanlah cara yang murah. Harga sebuah receiver Orange TV berjenis C Band sekitar 400 ribuan. Tetapi itu belum cukup. Untuk bisa menonton pertandingan Liga 1 kita harus berlangganan paket bulanan. Ada beberapa pilihan paket yang mencakup siaran Liga 1 yaitu paket Olahraga+ (168rb), Keluarga (99rb), Hiburan (160rb), dan All Channel (238rb).

Tentunya kita juga bisa menonton siaran liga-liga eropa dan beberapa channel premium jika berlangganan salah satu paket tadi.

Cara 4: Streaming

Ini adalah cara yang cukup mudah dan praktis terutama jika anda adalah seorang anak kos yang tidak memiliki TV di kamar anda.

Streaming pertandingan Liga 1 bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pertama, melalui situs viva.co.id yang merupakan partner dari tvOne. Situs ini tak menarik biaya sepeserpun, juga bisa ditonton melalui aplikasi mobile.

Kedua melalui situs iflix.com yang juga bekerjasama dengan tvOne. Bedanya di iflix kita harus membayar biaya berlangganan sebesar 39000 per bulan (gratis bulan pertama). Biaya itu sudah termasuk akses ke semua film, anime dan serial TV di iflix yang setahu saya jumlahnya sangat banyak. Iflix juga bisa ditonton melalui aplikasi mobile.

Terakhir, kita juga bisa streaming di situs genflix.com. Situs ini menayangkan siaran Liga 1 melalui channel festival milik orange tv. Biaya berlangganan genflix lebih murah dari iflix yakni 25 ribu per bulan. Namun koleksi film dan serial TV milik genflix tak sebanyak Iflix. Genfilx juga menyediakan apikasi mobile.

 

Itulah tadi beberapa cara yang saya tahu untuk bisa menonton siaran pertandingan Liga 1. Saya sendiri lebih sering streaming Iflix karena saya menggunakan paket internet indosat yang memberikan gratis berlangganan iflix dan juga kouta data khusus iflix, sayang kalau nggak dipakai. Untuk sekali pertandingan saya biasa menghabiskan kuota data sekitar 300-500 MB.

Sulit memang menerima bahwa kini menonton kompetisi Liga Indonesia cukup ribet dan butuh pengorbanan dana yang lumayan. Tetapi jika mau melihat sisi positifnya, dengan masuknya beberapa situs-situs dan tv berbayar sebagai pemegang hak siar musim ini, pendapatan klub-klub pastilah juga semakin meningkat.

Hal ini tentu sangat baik bagi keberlangsungan kompetisi Liga Indonesia. Tinggal bagaimana pihak PT Liga yang memproduksi siaran bisa meningkatkan kualitas siarannya agar kita sebagai penikmatnya tak akan merasa rugi jika kelak tak ada pilihan lain untuk menyaksikan tayangan Liga Indonesia selain dengan membayar.

 

Baca juga

3 Hal yang Membuat Saya Kurang Nyaman Menonton Siaran Sepakbola Indonesia

7 Penyebab Tayangan Sepakbola Indonesia Buruk

Fakta Tentang Siaran Liga Indonesia

 

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

2 Replies to “Beberapa Cara Menonton Pertandingan Liga 1 Indonesia”

  1. Klo menurut saya yang awam ini, soalnya yang disiarkan itu random sekali. Biasanya kan klub2 besar yg disiarkan. Pokoknya sulit menonton klub favorit berlaga.

    Saya salut sama mas firman yg mengeluarkan uang plus paket data untuk nonton pertandingan liga. Saya sih sayang uangnya ha ha ha…..

    Tapi mulai tahun depan saya mau jadi pengamat liga inggris. Jadi mesti rela nonton pertandingan apapun, klub apapun, biar bisa mengikuti perkembangan dan membuat prediksi.

    Tapi keren udah dot com sekarang situsnya 😀

    • Sebenarnya kalaupun nggak nonton Liga 1 saya tetep beli paket internet sih. Beruntung paket internet saya udah termasuk gratis berlangganan nonton iflix jadinya nggak perlu ngeluarin biaya tambahan deh, hahaha lumayan sih

      Liga Inggris malah lebih susah kayaknya mas, saya juga nontonnya streaming terus.

      Ini lagi nyoba pake selfhosting, mas komennya lewat reader apa lewat browser?

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!