Film-Film Dokumenter Favorit Saya

Salah satu genre film yang sangat saya gemari adalah dokumenter.

film dokumenter bagus
gambar : videopro.com.au

 

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan.

Wikipedia

 

Sejak kecil saya selalu suka menonton dokumenter di TV, saat itu kebanyakan adalah dokumenter tentang hewan.

Keterarikan saya terhadap film dokumenter semakin bertambah saat saya mulai mengenal internet. Saat itu saya sadar ternyata ada banyak film-film dokumenter bagus yang sudah lama diproduksi namun belum pernah saya tonton.

Saya pun mulai rajin berburu judul-judul film yang menarik dan menontonnya satu per satu. Di antara judul-judul tersebut beberapa akhirnya menjadi film favorit saya berikut ini.

 

No Sex Please, We’re Japanese (2013)

dokumenter no sex please
sumber : bhraja.ca

Apa bayangan anda tentang sebuah negara bernama Jepang?.

Jujur, dulu saya selalu membayangkan Jepang adalah negara yang penuh dengan gadis-gadis kawaii dan pria-pria tampan, seperti di film-film atau anime.

Kenyataannya, Jepang adalah negara dengan mayoritas penduduk berusia dewasa dan lansia.

Angka kelahiran di negara ini sangatlah rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena biaya hidup yang tinggi sehingga kebanyakan warga Jepang enggan menikah.

Ini masih diperparah dengan sikap para perempuan Jepang yang sangat mengutamakan karir. Para laki-lakinya, sementara itu, kebanyakan sibuk dengan mainan mereka sendiri. Bahkan beberapa lebih memilih berpacaran dengan karakter anime.

Keenganan masyarakat Jepang untuk memiliki anak bisa dibilang sudah dalam level yang gawat, sampai-sampai di film ini diceritakan ada sebuah kota yang dulunya ramai kini menjadi sepi karena …kehabisan penduduk.

 

The Class of ‘92 (2013)

the class of 92
gambar : IMDb

Periode 90-an bisa dibilang adalah periode keemasan dari salah satu klub sepak bola terbesar di dunia asal Inggris, Manchester United (MU). Di periode ini mereka berhasil merebut sejumlah gelar domestik dan eropa.

Selain berkat polesan pelatih legendaris Sir Alex Ferguson, kesuksesan United juga tak bisa dilepaskan dari sekumpulan pemain yang dikenal dengan sebutan class of ’92.

Para pemain yang merupakan produk asli akademi MU tersebut di antaranya adalah David Beckham, Paul Scholes, Phil dan Gary Neville, Ryan Giggs, Nicky Butt dll.

Diawali dari keberhasilan menjuarai FA Youth League tahun 1992, class of ’92 terus membawa The Red Devils berjaya di Inggris maupun eropa hingga puncaknya saat mereka membawa MU secara dramatis mengalahkan FC Bayern Munchen di final Champions League 98/99 sekaligus memastikan raihan treble (3 gelar dalam semusim).

Bahkan meski anda bukanlah pendukung Man. United film ini tetap akan menarik untuk ditonton karena mengungkapkan berbagai kisah dan rahasia dari salah satu generasi terbaik dalam sejarah sepak bola.

Journey to The Edge of Universe (2008)

journey to the edge of the universe

Bumi kita sudah berusia tua, tak lama lagi kita tak akan lagi bisa menghuninya. Saat hari itu tiba mau tak mau kita harus rela meninggalkan bumi ini dan mencari planet baru di luar sana.

Film ini mengajak kita menjelajahi berbagai planet dan galaksi untuk mencari kemungkinan keberadaan planet baru yang bisa kita tinggali di masa depan.

Jerusalem (2013)

jerusalem dokumenter

Yerusalem adalah kota yang sangat unik. Ini karena Yerusalem merupakan kota yang dianggap suci bagi tiga agama besar di dunia, Kristen, Islam, dan Yahudi.

Film ini membahas dengan lengkap sejarah dan bagian-bagian penting dari Yerusalem serta kenapa kota ini bisa menjadi tempat yang selalu menarik perhatian banyak orang dari masa ke masa.

Deep Web (2015)

deep web

Dulu saya mengira kalau Deep Web hanyalah mitos. Ternyata tempat itu memang ada.

Bagi anda yang belum tahu, Deep Web adalah sisi terdalam dan tergelap di dunia web. Ibarat lautan, dunia internet yang selama ini kita jelajahi hanyalah bagian permukaannya saja.

Bagian yang lebih besar dan dalam, yang tak bisa diakses dengan browser biasa itulah yang disebut dengan Deep Web.

Deep Web menjadi semakin misterius karena kabarnya berisi banyak konten-konten terlarang seperti perdagangan organ manusia, pedhophilia, transaksi jual beli obat-obatan terlarang dsb.

Film ini mengungkap kisah penangkapan seseorang yang diduga merupakan bandar transaksi di Deep Web oleh FBI.

Dari situ kita bisa tahu apa sebenarnya deep web  dan betapa berbahayanya bermain-main di sana.

Cosmos, A Spacetime Odyssey (2014)

cosmos a spacetime odyssey

Ini merupakan sebuah serial yang terdiri dari 13 episode. Dipandu oleh ilmuwan ternama Neil DeGrasse Tyson. serial ini mengajak kita menelusuri segala hal yang berhubungan dengan alam semesta.

Serial ini banyak menampilkan gambar-gambar spektakuler, dari mulai ledakan bintang (supernova), lubang hitam, galaksi, hingga proses-proses yang terjadi dalam sebuah tanaman dalam ukuran mikroskopik.

Ada juga kisah-kisah menarik dari para ilmuwan jaman dahulu dalam upaya mereka untuk memecahkan misteri-misteri di alam semesta.

Menonton serial ini membuat saya menyadari betapa kecilnya dan rentannya bumi yang kita tinggali selama ini.

Before The Flood (2016)

before the flood

Sebuah film yang menceritakan kisah perjalanan aktor ternama Leonardo DiCaprio dalam tugasnya sebagai duta perubahan iklim PBB. Perjalanan ini membawanya ke berbagai penjuru dunia, dari mulai pulai es di Alaska, desa kering di India, kawasan industri di China sampai penangkaran gajah di hutan Sumatera, tepatnya Aceh.

Semua itu menghasilkan satu kesimpulan, manusia harus segera mengubah pola hidup mereka demi kelangsungan bumi.

 

Itulah tadi beberapa film dokumenter favorit saya sejauh ini. Tentu saja daftar ini masih akan berubah atau bertambah karena saya yakin masih banyak film-film dokumenter bagus yang belum saya tonton.

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

8 Replies to “Film-Film Dokumenter Favorit Saya”

  1. Wah baru tahu klo angka kelahiran di jepang sangat rendah, padahal mereka termasuk bebas dalam prilaku seks.

    Klo untuk deep web ada mesin pencarinya sendiri mas firman. Saya pernah baca-baca. Cuma tidak untuk umum sepertinya. Lagipula mental saya nggak kuat klo melihat atau membaca konten-konten deep web sepertinya. 😀

    • Bisa jadi justru karena angka kelahiran yang rendah itulah pemerintah Jepang membebaskan perilaku seks di sana mas. Biar penduduknya cepet nambah lagi, hahaha

      Iya, dunia deep web emang serem sih, apalagi kabarnya ada orang yg ditangkep FBI cuma gara-gara iseng main-main di sana.

    • Orang Jepang males punya anak karena (katanya) biaya merawat anak cukup mahal, walau dapat tunjangan. (makanya lebih pada seneng melihara anjing ketimbang punya anak).

      Kalau soal Deep Web, konon internet yang biasa kita akses sehari-hari baru 10% doang. :)))

      • Lucu juga ya mbak, di sini yang nggak dapet tunjangan malah pada “semangat” buat punya anak. 😀
        Saya sebenarnya penasaran pengen bener2 liat yg 90% itu, tapi abis nonton dokumenter di atas jadi ragu, takut keciduk FBI.

  2. National Geographic, Rajanya film dokumenter. Saya juga suka serial film dokumenter Cosmos, grafisnya gak kalah dari film – film fiksi.

    • Iya mas, sebenarnya saya banyak sekali nontonin film-filmnya NatGeo, tapi beberapa lupa judulnya, yang keinget cuma yang di atas itu. Dokumenter-dokumenter nya BBC juga nggak kalah bagus, salah satunya yang Jepang itu.

      Sependapat, Cosmos emang keren banget gambarnya, udah gitu informasinya panjang dan lengkap lagi. Bikin tertarik sm sains.

      Saya klo pas masih sekolah udah nonton ini kayaknya jadi makin rajin belajar, terutama pelajaran fisika dan kimia, hahaha

  3. Wahaaaa film dokumenter yang sering saya tonton ya cuma national geographic 😀 hehehe

    Donkirk itu dokumenter bukan sih? Yang akhir-akhir ini heboh itu

    • Kebanyakan emang produksi natgeo sih, terutama yang tentang binatang-binatang itu. 😀

      Kalau Dunkirk kayaknya nggak termasuk film dokumenter mas. Walaupun itu diangkat dari kisah nyata, tapi saya yakin nggak 100% nyata. Lagipula film dokumenter biasanya nggak melibatkan banyak aktor & aktris. Kalaupun ada paling hanya satu dua sebagai narator / narasumber.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!