Seen, Game yang Saya Cari-Cari Selama Ini

Apa cuma saya yang berpikir kalau game-game mobile jaman sekarang tidak terlalu menarik dibandingkan dengan game-game di era keemasan Nokia dan Sony Ericsson dulu?

Memang saat ini kecanggihan gadget sudah sangat gila. Smarphone android kini rata-rata memiliki RAM di atas 2gb. Belum lagi deretan processor dan GPU canggih yang bahkan laptop saya pun tak mampu menandinginya.

Tetapi saya tetap belum bisa menemukan kenikmatan bermain game seperti saat jaman pra-smartphone dulu. Menurut saya, kebanyakan game sekarang lebih mengutamakan grafis daripada detail cerita ataupun gameplay. Ditambah lagi mayoritas smartphone kini menggunakan layar sentuh yang membuat memainkan game-game dengan gameplay cepat menjadi kurang nyaman.

Sampai akhirnya saya menemukan sebuah game unik yang bernama Seen. Game ini berukuran kecil, sekitar 8 mb saja dan bisa dimainkan dalam keadaan offline.

Sekilas Seen terlihat seperti sebuah aplikasi fake chat biasa. Sayapun tadinya agak ragu mau memainkannya, nanti dikira jomblo kurang kerjaan lagi (padahal memang benar :D).

Tetapi ternyata ini adalah game yang sangat seru, saya sampai tak bisa menutup aplikasi ini sampai ceritanya selesai.

Tampilan & Gameplay

Tampilan Seen sangat sederhana. Minim gambar dan musik, hanya ada sebuah layar yang menampilkan chat. Tak peduli dimanapun setting cerita terjadi, selalu layar tersebut yang muncul. Cuma background-nya saja yang kadang-kadang berubah.

Kita diminta untuk memilih balasan-balasan yang kita jawab kepada lawan bicara, biasanya ada tiga pilihan jawaban, kadang malah kita tak punya pilihan, harus mengetik kata-kata yang diinginkan si pembuat cerita.

Yang menarik adalah keyboard yang disediakan bermodel polos, tanpa huruf sama sekali. Awalnya saya sedikit kebingungan, tetapi lama-lama saya sadar kalau apapun yang saya ketik sudah disetting sehingga sebenarnya keyboard tersebut tak punya fungsi.

screenshot_2017-01-17-08-34-23-112_com-semickolon-seen
keyboard polos

 

Cerita

Bagian yang paling luar biasa dari Seen adalah ceritanya. Sayangnya cuma ada satu cerita yang bisa kita nikmati.

Cerita tersebut berjudul “Learn to Love Again”. Di sini kita berperan sebagai seorang cowok bernama Mark Blythe (namanya bisa bebas kita ubah ).

Mark adalah seorang anak SMA yang punya teman cewek bernama Nicole Tyler (fotonya bisa diganti, kalau mau ganti namanya harus bayar).

Mereka adalah teman yang akrab dan sangat dekat. Sebagaimana yang sering terjadi, Mark diam-diam menyukai Nicole. Sementara sebagaimana sering terjadi juga, Nicole, si cewek kampret ini nggak sadar. Cewek itu bahkan terang-terangan curhat soal cowok lain kepada Mike.

Tak ada pilihan lain, pilihan-pilihan dialog yang sudah ditentukan membuat kita harus rela terjebak dalam friendzone.

Review

Percayalah, perasaan kita akan benar-benar dipermainkan saat memainkan game ini. Meski cerita-nya tergolong klise namun berkat format chatting yang digunakan, saya benar-benar bisa merasakan perasaan yang dialami Mark. Karakter Nicole terasa begitu nyata, kadang dia bikin kita nyengir-nyengir sendiri. Kadang kita gemes sampai-sampai lupa kalau ini cuma game.

Nicole ini tipe cewek yang cukup unik, kadang dia suka bercanda , kadang bisa juga ngomong serius, sampai-sampai keluar quote-qoute indah.

Ini adalah salah satu quote yang menurut saya sangat bagus, saat setting di sebuah taman.

screenshot_2017-01-07-06-29-26-540_com-semickolon-seen

Mungkin kalau ada cewek kayak Nicole di dunia nyata bakalan saya kejar setengah mati hehe

 

Kesimpulan

Game ini benar-benar sesuatu yang baru. Penyampaian cerita menggunakan format chatting membuat jalan cerita jauh lebih menarik.

Pada akhirnya sensasi yang saya rasakan tidak seperti bermain game, lebih seperti membaca sebuah novel.

Saya akan sangat senang memainkan game-game seperti ini lagi.

 

Baca ulasan game serupa Seen:

Mencari Gadis yang Hilang di Game S. I. M

Merasakan Sensasi Interogasi di Game Indefinite Interrogation

Father and Son, Game dengan Animasi yang Indah

 

Nama         :  Seen

Developer :  Polychroma Games

Download :  Play Store

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

8 replies to Seen, Game yang Saya Cari-Cari Selama Ini

  1. Wah udah lama sekali nggak chattingan sama cewek. Takutnya main game ini pake perasaan trus ngayal dapat cewek seperti itu deh wkwkw…. Tidak terima kasih.

  2. Hahaha tapi kan setidaknya pas main game-nya seneng, walaupun pas kembali ke dunia nyata agak sedih juga.

  3. haha menarik, ya. seperti love game jepang yang sering dimainkan remaja sekarang ya cuma bentuknya teks. wah tapi masa kalau pemainnya cewe jadi mark…

    • Iya sayangnya nggak ada pilihan untuk memilih karakter, tapi kalau ngeliat reviews-nya, banyak juga kok cewek yang mainin.

  4. Walaupun saya bukan gamer maniak, hanya period aja doing it, tapi seru juga ngeliat orang2 yg hobinya game apalagi kalau diulas seperti blogmu ini.

    Bermain punya keasyikan tersendiri dan tentunya manfaat tertentu bagi para penggemarnya, tapi yang, sampai saat ini saya belum memiliki alasan paling rasional untuk hobi pada game tertentu, malah kalah sama anakku yg brumur 8 thn itu.

  5. Ralat (salak ketik):
    , tapi sayang, sampai saat ini saya belun memiliki alasan paling rasional …

    • Kalau game hp cocoknya buat temen saat nunggu sesuatu atau seseorang mas, daripada bengong hehe

  6. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!