Lagu-Lagu Spirited Away Pengantar Tidur Saya

large
source: here

Di postingan Review Kimi no Na wa saya menulis bahwa hanya ada dua anime yang pernah saya tonton. Selain Kimi no Na wa, satu anime lainnya adalah Spirited Away. (Doraemon, Sinchan, dan Captain Tsubasa tak masuk hitungan karena saya tak benar-benar menonton filmnya secara utuh)

Menurut saya, dua-duanya sama-sama film yang bagus. Dua-duanya juga sama-sama masuk dalam daftar 25 film favorit saya sepanjang masa. (Daftar ini belum saya buat sebenarnya, namun akan segera saya tulis).

Tetapi keduanya meninggalkan kesan yang berbeda bagi saya.

Kimi no Na Wa akan selalu saya ingat sebagai anime dengan kisah unik dan menarik serta detail gambar yang menawan. Adegan  Mitsuha dan Taki berpapasan di jalanan Tokyo di akhir film tak akan pernah saya lupakan.

Sementara Spirited Away ceritanya lebih absurd, karakter-karakternya aneh dan lucu. Yubaba, No Face, dan Cihiro adalah karakter-karakter unik di film ini yang kadang masih saya cari gambar-gambar cosplaynya di google images.

this-little-girl-went-as-studio-ghibli-character-2-22741-1477926666-3_dblbig
anak kecil cosplay jadi “No Face”, temennya malah takut 🙁 /buzzfeed.com

Selain itu satu hal yang masih membekas dalam hati saya hingga kini adalah alunan musik-musiknya yang indah, lembut, sangat menentramkan hati.

Musik-musik itu bahkan masih saya dengarkan hingga kini, sebagai pengiring tidur saya.

Mendengarkan alunan lagu-lagu Spirited Away membuat pikiran saya melayang-layang. Lantunannya seolah mempunyai magis-magis tertentu yang memaksa saya untuk rileks, tetap tenang meski pikiran sedang kalut.

Entah kenapa saya begitu mudah menemukan rasa nyaman ketika sedang mendengarkan lagu-lagu Spirited Away. Sampai-sampai playlist soundtrack Spirited Away  saya yang berisi lebih dari sepuluh lagu itu tak pernah selesai saya dengarkan. Saya biasanya sudah jatuh tertidur di lagu keempat atau kelima.

Rasanya tak ada obat tidur yang lebih ampuh dari musik-musik soundtrack Spirited Away.

Dari sekian banyak soundtrack Spirited Away, berikut ini adalah lima lagu yang sering saya tempatkan di awal playlist saya, lagu-lagu yang berhasil menaklukkan saya sebelum sampai ke lagu-lagu setelahnya.

1. One Summer Day

 

2. Always With Me

3. Day of the River

4. The Sixth Station

5. Reprise

 

Lagu-lagu ini sangat bermanfaat terutama jika saya berniat untuk bangun pagi-pagi.

Saya punya kebiasaan bangun di jam-jam dinihari untuk begadang menyaksikan tayangan pertandingan sepakbola. Kalau pas weekend saya biasanya tidak tidur sampai pagi.

Tetapi tak jarang juga pertandingan-pertandingan itu dimainkan pada Rabu atau Kamis dinihari WIB. Mau tak mau saya harus tidur lebih awal, biasanya jam 8 atau jam 9 saya sudah berbaring sambil mendengarkan playlist Spirited Away .

Cara ini selalu berhasil membuat saya cepat tertidur dan terbangun tepat waktu.

 

Meski film Spirited Away sudah berumur lebih dari 16 tahun yang lalu dan telah saya tonton berbulan-bulan yang lalu, rasanya saya tak akan pernah bosan mendengarkan lagu-lagu Spirited Away.

Bahkan saat saya mengetik tulisan ini pun, saya sedang mendengarkan alunan lagu Always with Me.

Sudahlah saya akhiri saja tulisan ini, mata saya mulai perih dan mulut saya terus-menerus menguap dari tadi.

 

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

14 replies to Lagu-Lagu Spirited Away Pengantar Tidur Saya

  1. Wah ini film lama banget 16 tahun yang lalu hua ha ha…. Kayak adik saya yg suka ngoleksi film kartun tahun2 90-an. bahkan ada yg tahun 80-an. Sedangkan saya cenderng menyukai kartun jaman sekarang karena grafiknya lebih bagus dari film2 lama.

    • Iya emang saya suka nontonin film lama mas, bikin keinget indahnya masa-masa kecil. :”))

  2. mantabz….kalau sy tidur bertemankan suara jangkrik saja…hehehe

    • Genre apa maksudnya? Aku mah tahunya cuma filmnya bagus dan musiknya enak.

  3. aku belum nonton. Bernard Batubara beberapa pekan lalu, dia bahas film gibli. terus yang karakter no face ini emang mulai booming lagi tahun lalu. Aku pengin nonton. download gratisan ada kali ya, bang?

    • Ada kok banyak, coba googling aja,ini film tahun 2001 , jadi pasti udah banyak yang upload.

  4. Berasa penasaran saja. Gimna tu lagunya ya, saya jujur aja kalau udah lagu Jepang telinga saya kayak gak jodoh, entahlah berasa berada di dimensi yg beda ada.

    • Yang ini beda mas, kebanyakan lagu-lagu sountrack spirited away hanya berupa instrumental lembut tanpa vokal, kalaupun ada palingan hanya berupa senandung-senandung . Cocok buat pengantar tidur pokoknya. 😀

  5. apa aja tuh 25 film favorit sepanjang masa ? siapa tahu sama ….
    anak tahun 90an ia .????

  6. Pingback:

  7. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!