Memprediksi Juara Liga Europa 16/17

Hasil Undian 8 Besar Liga Europa
   Hasil Undian 8 Besar Liga Europa 


Sama halnya dengan Liga Champions, kompetisi “kasta kedua” antarklub eropa,  Liga Europa juga telah memasuki fase 8 besar. 

Dua klub Belgia, serta masing-masing satu klub asal Spanyol, Inggris, Turki, Jerman, Belanda, dan Prancis akan memperebutkan trofi yang selama tiga musim terakhir berada di tangan klub Spanyol, Sevilla. 

Dari kedelapan klub yang tersisa tim manakah yang paling berpeluang juara? 
Saya mencoba mengurutkan klub-klub yang paling berpeluang memenangkan ajang ini, menurut pendapat pribadi saya tentunya. 

1. Manchester United 

Klub ini sejak awal sudah dijagokan bakalan menggondol trofi UEL. Berisikan materi pemain berharga mahal dan penuh pengalaman, MU jelas akan sulit disaingi oleh 7 tim lainnya. 
Hanya saja pasukan Jose Mourinho harus tetap fokus dan berhati-hati mengingat mereka sudah dua kali mengalami kekalahan di ajang ini. Di fase grup MU sempat takluk di kandang Feyenoord (Belanda) dan Fenerbahce (Turki) . 

2. Celta Vigo 

Satu-satunya wakil Spanyol yang masih tersisa ini sampai ke babak 8 besar dengan susah payah. 
Mereka nyaris tak lolos dari fase grup dan hanya membukukan kemenangan tipis di 32 besar dan 16 besar. 

Tetapi Celta didukung sejarah dan rekor bagus klub-klub Spanyol di ajang ini. 

Iago Aspas dkk juga terbilang punya pengalaman dan mental bagus saat  bermain di fase knockout. 
Musim ini Celta bahkan mampu menyingkirkan Real Madrid di 8 besar Piala Raja Spanyol dalam 2 leg. 

3. Schalke 04

Schalke punya rekor bagus sejak fase grup. Mereka baru mengalami kesulitan saat bertemu rival senegara, Borussia Monchengladbach. 
Meski terseok-seok di Liga, klub Jerman ini tampil konsisten di Liga Europa dan berpeluang meraih trofi Europa League.
 
4. Besiktas

Salah satu tim “buangan” dari fase grup Liga Champions. Besiktas sejatinya nyaris lolos ke fase 16 besar UCL sebelum di pertandingan terakhir dihajar 0-6 oleh Dynamo Kiev (Ukraina).
Kandang Besiktas, Vodafone Arena adalah salah satu senjata klub asal Turki ini. Stadion yang selalu penuh dengan fans yang sangat berisik membuat siapapun tim yang bertandang ke sana dipastikan terintimidasi. 
Selain itu Besiktas juga diisi oleh pemain-pemain berpengalaman seperti Ryan Babel, Vincent Aboubakar, dan Ricardo Quaresma. 

5. Olympique Lyonais

Lyon mampu membuat kejutan dengan menyingkirkan kandidat juara AS Roma (Italia) di 16 besar.
Kekuatan utama wakil Prancis ini adalah lini depan mereka yang luar biasa produktif. Diisi nama-nama macam Alexandre Lacazette, Nabil Fekir, dan Corentin Tolisso, Lyon tak akan kesulitan membobol tim manapun. 

Kelemahan utama Lyon mungkin adalah skuad mereka banyak  berisi pemain-pemain muda yang belum berpengalaman. 

6. Ajax

Salah satu nama besar di Eropa, selain Manchester United. Klub yang bermarkas di Amsterdam Arena ini diisi oleh talenta-talenta muda. 
Penampilan mereka di ajang Europa League cukup bagus musim ini. Akan tetapi saya masih ragu tim ini akan mampu menyingkirkan beberapa tim lain yang lebih berpengalaman. 

7. Anderlecht

Perjalanan klub asal Belgia di Europa League ini sebenarnya tak terlalu istimewa. 
Anderlecht mungkin sempat menyingkirkan klub unggulan Zenit St. Petersburg (Rusia) di 32 besar. Namun melihat lawan mereka di 8 besar (Man. United), sepertinya hanya keajaiban yang bisa membuat mereka melaju lebih jauh.

 
8. Genk

Salah satu tim yang bermain bagus sejak fase grup. Mereka mampu menjuarai grup yang diisi tim kuat, Athletic Bilbao (Spanyol). 

Di fase knokout pun Genk tak menemui kesulitan berarti. Terakhir, di 16 mereka  berhasil menaklukkan sesama klub Belgia, Gent, dengan agregat 6-3.

Akan tetapi mereka dipastikan akan menghadapi lawan berat di 8 besar. Celta Vigo akan menjadi gunung terjal yang harus mereka daki. 
Jikapun berhasil melewati hadangan Celta, mereka masih akan menghadapi klub-klub yang jauh lebih berpengalaman. 

Karena alasan itulah saya menempatkan Genk sebagai klub yang peluangnya paling kecil untuk menjuarai Europa League. 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

6 replies to Memprediksi Juara Liga Europa 16/17

  1. Yg punya potensi menggagalkan mu juara sepertinya hanya lyon dan schalke saja. Tapi nggak tahu juga, menurut saya mu masih belum stabil penampilannya.

    • Iya memang permainan MU belum terlalu istimewa. Tapi kalau melihat dari pemain-pemain dan juga manajer mereka yg penuh pengalaman, harusnya MU nggak akan terlalu kesulitan menjuarai UEL.

  2. Kompetisi ini memang isinya klub2 yg kurang popular mas, wajar klo banyak yg nggak tahu. Bahkan orang yg rutin nonton bola pun belum tentu tahu karena biasanya mereka malas nontonin kompetisi “kasta kedua”.

    • Apalagi saya yg emang outsider, haha… sukses trus mas nulis konten bolanya…

  3. Wah pasti MU nih jagoan banget. Eh yang lain kok gapernah tau ya eh maksudnya gak begitu terkenal

    • Iya emang gan, kebanyakan di Indonesia hanya mengenal klub2 dari 3 liga besar eropa, Inggris, Spanyol, sm Italia. Sementara di Europa League ini kebanyakan tim2 di luar liga2 tersebut.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!