Mari Mendengarkan Podcast

beaty
source: here

Dulu saat masih  SD,  salah satu kegiatan favorit saya adalah mendengarkan radio. Saking sukanya mendengarkan radio, saya bisa berjam-jam menghabiskan waktu untuk mendengarkan radio setiap harinya.

Pagi sebelum berangkat sekolah saya biasa mendengarkan radio sembari menunggu Ayah dan kakak selesai mandi.

Malam hari sebelum tidur saya selalu membiarkan radio menyala menemani tidur.

Saya selalu bertanya-tanya kenapa saya begitu menggemari radio. Mungkin karena saat itu belum ada smartphone, gadget dan sebagainya.

Tetapi saya rasa alasan sebenarnya saya suka mendengarkan radio adalah karena saya memang suka menjadi seorang pendengar. Saya nyaman mendengarkan pembicaraan orang lain.

Saya ingat dulu saat merantau dan ngekos dengan dua orang teman, saya suka sekali mendengarkan mereka berdua saling bercerita ataupun berdiskusi. Terkadang saya sedikit menimpali namun sisanya saya cuma mendengarkan mereka sambil tiduran.

Beberapa waktu yang lalu, karena saya kangen dengan radio, saya coba mendengarkan melalui smartphone. Tetapi saya agak kecewa karena kebanyakan stasiun radio lebih banyak memutar lagu daripada memberi kesempatan kepada penyiarnya untuk berbicara lebih lama. Pikir saya, kalau mau mendengar lagu-lagu, lebih baik buka Spotify saja.

Memang tidak semua radio seperti itu. Smart FM atau Sonora misalnya, ada banyak acara-acara diskusi menarik di kedua radio itu. Tetapi seringnya saya lupa atau sibuk sehingga melewatkan acara-acara tersebut.

Untungnya saya menemukan solusinya. Solusi tersebut adalah Podcast.

 

Apa itu Podcast?

Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. (source: itunes)

 

Podcast, baik itu yang berbentuk video maupun audio biasanya lebih menitikberatkan pada konten daripada visual. Karena itulah kebanyakan podcast berupa audio karena lebih praktis.

Podcast biasanya banyak ditemukan di soundcloud dan itunes. Tetapi sekarang di Youtube juga banyak ditemukan video-video podcast. Podcast sangat populer di negara-negara eropa dan Amerika karena di sana sudah tidak ada lagi radio fm.

 

Kelebihan-kelebihan podcast:

  • Konten lebih berkualitas karena pembuat podcast dituntut lebih kreatif dengan hanya mengandalkan suara.
  • Bisa didengar dimanapun dan kapanpun, asalkan ada smartphone dan jaringan internet.
  • Podcast lebih hemat kuota karena hanya berupa suara.
  • Bisa didengarkan sambil melakukan aktivitas lain, misal: saat dalam perjalanan.

 

Sayangnya di Indonesia keberadaan podcast masih jauh kalah populer daripada video. Terbukti jumlah podcast berbahasa Indonesia saat ini masih sangat sedikit.

Padahal jika dihitung-hitung kuota data yang dihabiskan untuk streaming video berdurasi sepuluh menit bisa digunakan untuk mendengarkan enam puluh menit podcast.

 

Jika kalian tertarik mendengarkan podcast, berikut beberapa podcast yang sering saya dengarkan.

1. Podcast Awal Minggu

Ini mungkin adalah podcast berbahasa Indonesia terbaik saat ini. Dibuat oleh seorang komedian bernama Adriano Qalbi , podcast ini benar-benar lucu dan menghibur. Adri memposting podcast-nya setiap hari Senin. Di situ ia bermonolog tentang masalah-masalah yang sangat relate dengan kehidupan sehari-hari. Awalnya mungkin kalian akan menganggap ocehan-ocehannya sok tahu dan aneh, tetapi lama-lama kalian akan ketagihan mendengarkan opini-opini Adri yang kadang tak pernah dipikirkan banyak orang.

Dua minggu sekali di hari Rabu, Adri juga mengupload Podcast bersama tamu yang isinya perbincangan menarik bersama seorang tamu yang seringnya adalah komedian juga. Edisi ini biasanya lebih menarik daripada podcast yang diupload di hari Senin.

2. Guardian Football Weekly

Salah satu podcast favorit saya. Podcast ini berisi dialog dari para jurnalis  The Guardian, sebuah media yang berbasis di Inggris. Sesuai namanya, topik yang mereka bahas adalah tentang sepakbola , terutama Liga Inggris.

Podcast ini biasanya hadir di hari Senin malam, selepas berakhirnya sebuah matchday Premier League. Jika ada pertandingan Liga di tengah pekan biasanya akan ada edisi ekstra di hari kamis malam.

Awalnya saya cukup kesulitan juga mendengarkan podcast berbahasa Inggris ini. Tetapi lama-kelamaan saya bisa memahami pembicaraan mereka, mungkin karena pada dasarnya saya sangat menyukai sepakbola sehingga saya sudah tak asing lagi dengan istilah-istilahnya. Kalaupun kurang paham, saya biasa mendownload file audionya untuk didengarkan kembali.

Sebenarnya Guardian tak hanya membuat podcast bertema sepakbola. Di situs resmi mereka terdapat beragam podcast lain di antaranya, Science Weekly, The Story dll.

3. Entertainment Weekly

Saya baru beberapa kali mendengarkan podcast ini, kontennya cukup menarik. Saya dulu mendengarkan karena saya sedang rutin menonton serial TV Westworld.. Serial tersebut memang mempunyai jalan cerita yang rumit sehingga saya selalu dipenuhi pertanyaan-pertanyaan setiap kali selesai menonton episode-nya. Podcast ini cukup menjawab rasa penasaran saya. Selama satu jam podcast ini menjelaskan tiap adegan yang terjadi di serial Westworld secara detail.

Sejak Westworld tamat di bulan Desember lalu, saya tak lagi mendengarkan podcast ini. Namun Entertainment Weekly masih memiliki konten-konten menarik seputar dunia hiburan yang diupload seminggu sekali.

4. SonoraFM92

Inilah podcast yang paling rajin update. Wajar karena podcast ini merupakan rekaman dari program-program yang disiarkan Sonora FM dan partner mereka SmartFM. Hampir setiap hari diupdate, banyak sekali acara-acara menarik yang bisa kita dengarkan. Ada Smart Character berdurasi dua jam yang membahas tentang cara-cara memperbaiki karakter. Ada juga Smart Brain Management yang berisi perbincangan mengenai cara memaksimalkan kemampuan otak.

Masih banyak program-program lain di stasiun ini yang cukup menarik untuk didengarkan seperti Refleksi Prie GS, The Merry Riana Show, Book of The Week dll. Program tersebut rata-rata berdurasi satu hingga dua jam.

Itulah empat Podcast yang saya rekomendasikan jika kalian belum pernah mendengarkan podcast dan tertarik untuk mencobanya.

 

Di jaman koneksi internet cepat sudah bukan lagi hal yang langka, kita memang menjadi memiliki banyak pilihan untuk menikmati hiburan dari smartphone kita.

Kita bisa cari video apa saja di Youtube, mendengarkan jutaan lagu di Spotify, atau membaca artikel-artikel menarik.

Semua orang bebas menentukan pilihannya sendiri tetapi  dengan segala keunggulannya, Podcast sangat layak dicoba sebagai alternatif hiburan di kala santai.

 

Baca juga : Selain Musik, Ternyata Kita Juga Bisa Mendengarkan Konten-Konten Ini di Spotify

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

9 replies to Mari Mendengarkan Podcast

  1. Kadang siaran yg menyajikan berita/bahasan motivasi atau tips tertentu bagi saya menarik… juga review hal hal kyk film, musik dll

    • Iya, sayangnya radio nggak banyak yang kayak gitu, makanya mendingan podcast.

  2. Dulu waktu SMA sering dengerin radio, tp skrg hampir 100% gak lagi.

    Podcast? It’s nice to try, I think.

    • Coba aja mas, didengerin sambil beraktifitas atau pas mau tidur paling enak.

      Makasih banyak mas atas kunjungan_kunjungan dan komentar-komentarnya, saya pasti akan balik ke blog situ. 🙂

      • Oke, mas Firman. Nanti sy coba dech, dsini jaringan lg lelet ni, sebel dr td bnyak psan di medsos ga kjawab-jwab

  3. Pingback:

  4. Pingback:

  5. Pingback:

  6. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!