Momen-Momen tak Terlupakan Timnas di AFF Suzuki Cup 2016

077811400_1481991269-_20161217vyt_abduh_01
Abduh Lestaluhu/ Bola.com

Lupakan kegagalan timnas menciptakan keajaiban di final leg kedua AFF Suzuki Cup kemarin. Sesungguhnya timnas telah menghibur kita semua sepanjang turnamen.

Kisah mereka kali ini memang sangat menarik dan  penuh dengan drama.

Berikut adalah momen-momen tak terlupakan timnas sepanjang pagelaran AFF Suzuki Cup 2016, versi saya tentunya.

 

  • Selebrasi Manequin Challenge

Di partai pembuka melawan Thailand timnas mampu bangkit meski tertinggal 2-0 di babak pertama. Boaz Solossa mencetak gol pertama timnas lalu beberapa menit kemudian Lerby Eliandri mencetak gol penyeimbang melalui sundulannya. Uniknya, para pemain timnas merayakan gol tersebut dengan berpose mematung bersama-sama atau yang populer dengan sebutan Manequin Challenge.

 

  • Gol Lilipaly ke Gawang Singapura

Melawan Singapura yang merupakan partai penentuan kelolosan ke semifinal, Indonesia kesulitan mencetak gol di babak pertama. Bahkan mereka kebobolan lewat tendangan akrobatik Chairul Amri.

Namun di babak kedua timnas bangkit dan mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1. Gol kemenangan yang dicetak Stefano Lilipaly mungkin tak akan pernah bisa saya lupakan. Gol di menit-menit terakhir itulah yang meloloskan timnas ke semifinal.

 

  • Gol “Ajaib” Lilipaly di Hanoi

Menghadapi tuan rumah Vietnam, timnas tertekan sepanjang pertandingan. Namun secara mengejutkan mereka berhasil mencuri gol lebih dulu. Proses gol ini  sangat unik. Boaz Solossa yang menyisir sisi kiri pertahanan tuan rumah melepaskan umpan lambung yang sebenarnya pelan dan tidak akurat. Tetapi bola tersebut justru salah diantisipasi oleh salah seorang bek Vietnam sehingga membuat Lilipaly dengan mudah memasukkan bola.

 

  • Penalti Manahati

Masih di Hanoi, para suporter timnas sempat dibuat geregetan karena meski sempat unggul 1-0 dan unggul jumlah pemain timnas malah kebobolan 2 gol di menit-menit akhir. Di babak tambahan waktu akhirnya Indonesia mampu memastikan keunggulan lewat eksekusi penalti Manahati Lestusen ke gawang Vietnam yang dijaga oleh penjaga gawang “jadi-jadian”(bek Vietnam).

 

  • Sundulan Hansamu Yama Bobol Gawang Kawin

Lagi-lagi timnas mampu menang meski tertinggal lebih dulu. Kali ini korbannya adalah juara bertahan Thailand. Setelah satu jam lebih tanpa perlawanan, Rizky Pora mencetak gol penyama lewat tembakan jarak jauh. Lima menit kemudian Hansamu melepaskan sundulan mematikan hasil umpan Pora yang membuat kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan melongo.

 

  • Penyelamatan Gemilang Kurnia Meiga

Laga leg kedua final di Bangkok memasuki menit-menit akhir. Indonesia sudah tertinggal 0-2 dari Thailand saat sebuah serangan balik cepat tuan rumah berujung dengan pelanggaran Meiga di kotak terlarang. Teerasil Dangda berpeluang menyempurnakan kemenangan timnya lewat titik putih. Tetapi Meiga secara gemilang menggagalkan tembakan sang kapten Thailand dengan menggunakan kakinya. Sayangnya penyelamatan itu tak mampu membuat timnas juara.

 

  • Aksi “Greget” Abduh Lestaluhu

Memasuki menit-menit akhir timnas yang membutuhkan gol terus menggempur pertahanan Thailand. Di detik-detik terakhir timnas mendapatkan lemparan ke dalam yang cukup dekat dengan kotak penalti lawan. Abduh Lestaluhu yang akan melakukan lemparan  dibuat kesal karena para pemain cadangan Thailand menahan bola untuk mengulur waktu.

Saat bola itu akhirnya diberikan, Abduh nekat menendang bola tersebut keras-keras ke arah bangku cadangan Thailand. Sontak situasi menjadi memanas dan iapun mendapatkan kartu merah dari wasit. Saat keluar dari lapangan Abduh tertangkap kamera mengacungkan kedua jari tengahnya.

Aksinya itu banyak dipuji para pendukung timnas. Banyak yang mendukung tindakannya dan memuji keberaniannya meski perbuatannya tetap tidak bisa dibenarkan.

 

Saya  merangkum ketujuh momen tersebut dalam video berikut ini:

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

10 replies to Momen-Momen tak Terlupakan Timnas di AFF Suzuki Cup 2016

  1. Untung aja kurnia mega g kena kartu merah…. udah keluar aturan Fifa kiper g boleh dikenakan kartu merah kalo duel situasi 1 lawan 1….

    • iya untung aja di dalam kotak penalti, kalau di luar udah pasti kartu merah itu

      • Wah nekat kalo itu mah…. sampai keluar sarang…. tapi ada kemungkinan juga sih… soalnya kurnia mega kan cenderung nekat

        • Iya memang, anehnya saat timnas bermain nekat dan meninggalkan meiga sendirian di belakang mereka justru nggak kebobolan. Mungkin kalau berani main kayak gitu dari awal hasilnya akan lain.

          • Gol cepat babak kedua yg bikin down… udah telat panasnya….

          • Iya juga sih, tp harus diakui kelas kita masih di bawah Thailand

  2. Abduh Lestaluhu sih paling keren. Tapi anehnya Ferdinand malah dipihak yang mencoba menenangkan. Padahal biasanya paling meledak emosinya haha

    • Mungkin karena dia baru masuk bro, jadi belum “panas”.

  3. Pingback:

  4. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!