UCL is Back, Prediksi Saya

Bulan Februari selalu menjadi bulan yang saya tunggu-tunggu. Bukan karena valentine, tetapi karena di bulan ini kompetisi sepakbola antarklub eropa, UEFA Champions League (UCL) kembali bergulir setelah libur selama tiga bulan.

Terlebih, kompetisi ini sudah memasuki babak knockout, yang artinya 16 tim yang tersisa akan saling berhadapan dengan sistem kandang dan tandang.

Baca juga: Prediksi Perempat Final UCL 16/17

Bagi saya fase ini adalah fase paling seru karena di fase sebelumnya yakni fase grup, klub-klub besar belum menemui lawan-lawan yang tangguh . Sementara di fase setelah ini, perempat-final, klub-klub yang lolos nyaris sama setiap tahunnya.

Musim ini, selain nama-nama besar yang masih bertahan, ada cukup banyak tim-tim kejutan yang tak bisa dianggap remeh. Wakil Italia, Napoli, adalah satu dari tim kejutan itu. Mereka berhasil menjuarai grup dan akan menantang sang juara bertahan Real Madrid yang secara mengejutkan gagal menjuarai grup, kalah bersaing dari Borussia Dortmund.

Selain Napoli, masih ada beberapa tim kejutan lain yang akan menjajal kekuatan tim-tim besar ataupun saling berhadapan seperti AS Monaco (Prancis), Sevilla (Spanyol), Leicester City (Inggris) dan Bayer Leverkusen (Jerman).

2430960_biglandscape
hasil undian 16 besar UCL/ pic: uefa.com

Melihat hasil undian di babak 16 besar, sorotan terbesar tentu akan tertuju kepada dua laga yang mempertemukan tim-tim besar, FC Bayern Munchen vs Arsenal serta Paris Saint Germain (PSG) vs FC Barcelona.

Kedua laga tersebut memang menjanjikan pertarungan seru antara pemain-pemain bintang. Namun saya sendiri justru lebih tertarik kepada tiga pertandingan lainnya.

Akankah Napoli hentikan Real Madrid?

Kedua tim ini sudah lama tidak bertemu di ajang eropa. Real Madrid lebih diunggulkan di laga ini karena mereka punya materi pemain yang lebih baik dan berpengalaman. Apalagi Sergio Ramos dkk juga menyandang status sebagai juara bertahan.

Akan tetapi Napoli terus menunjukkan peningkatan performa belakangan ini. Mereka tak terkalahkan dalam 18 pertandingan terakhir di semua kompetisi. Lini depan Napoli juga sedang garang-garangnya. Kombinasi Dries Mertens, Lorenzo Insigne, Marek Hamsik di lini depan semakin padu dari pekan ke pekan.

Sementara penampilan Madrid cenderung tidak stabil selepas mereka menjuarai Piala Dunia Antarklub Desember lalu. Mereka bahkan disingkirkan oleh Celta Vigo di ajang Copa del Rey.

Saya memprediksi Napoli akan mampu merepotkan Madrid, terutama di leg 2 yang dimankan di Stadion San Paolo, kandang Napoli. Akan tetapi saya masih yakin kalau Madrid akan lolos ke babak berikutnya.

Prediksi:

Leg 1: Real Madrid 3-1 Napoli

Leg 2: Napoli 2-1 Real Madrid 

Agregat: Napoli 3-4 Real Madrid.

Duel Dua Tim Kejutan

Satu laga lain yang menarik perhatian saya adalah Sevilla vs Leicester City. Kedua tim sama-sama merupakan tim kejutan musim ini. Leicester yang berstatus sebagai juara Inggris secara mengejutkan mampu menjuarai grup mengungguli pemegang 2 trofi UCL, FC Porto.

Sementara Sevilla, meski hanya berstatus sebagai runner-up di bawah Juventus, konsisten memperagakan permainan cantik . Klub Andalusia tersebut bahkan juga tampil memukau di Liga Spanyol, tak seperti Leicester yang moncer di UCL tapi melempem di EPL.

Melihat penampilan stabil Sevilla, saya memprediksi juara UEFA Europa League musim lalu itu akan melenggang mulus ke perempatfinal.

Prediksi:

Leg 1: Sevilla 3-0 Leicester City

Leg 2: Leicester City 1-1 Sevilla

Agregat: Sevilla 4-1 Leicester

Last But Not Least, Duel Dua Tim Produktif, Manchester City vs AS Monaco

Tak ada tim yang lebih diunggulkan di pertandingan ini. Meski Man. City memiliki sejumlah pemain bintang dan manajer kelas dunia, Pep Guardiola, saya tak bisa meremehkan AS Monaco.

Musim ini Monaco menjadi tim paling produktif di Eropa. Mereka telah mencetak lebih dari 100 gol di semua ajang yang mereka ikuti. Perolehan itu mengungguli klub-klub besar macam Real Madrid dan Bayern.

Jangan lupa juga, di fase grup Monaco dua kali mengalahkan wakil Inggris lainnya, Tottenham Hotspur. Padahal Spurs adalah tim yang gagal dikalahkan City di Premier League musim ini.

City sendiri sejauh ini baru menciptakan 75 gol namun lini depan mereka semakin membaik semenjak kedatangan bintang Brazil, Gabriel Jesus.

Saya cukup yakin pertemuan kedua tim akan menghasilkan banyak gol. Prediksi saya, City akan sedikit mengungguli Monaco. Pengalaman dan kejelian Pep Guardiola akan sangat membantu Man. City di fase ini.

Prediksi

Leg 1: Man. City 2-1 AS Monaco

Leg 2: AS Monaco 2-2 Man. City

Agregat: Man. City 4-3 AS Monaco

Saya rasa tak akan ada banyak kejutan di fase 16 besar UCL kali ini, termasuk di 5 pertandingan lainnya. Tim-tim besar seperti Bayern, Juventus, Real Madrid, dan Barcelona tak akan terlalu kesulitan menghadapi lawan-lawan yang di atas kertas kualitasnya berada di bawah mereka.

Berikut prediksi saya selengkapnya:

FC Bayern Munchen 2-0; 1-1 Arsenal (Agregat 3-1)

Paris SG 2-2; 1-3 FC Barcelona (Agregat 3-5)

Bayer Leverkusen 0-0; 0-1 Atletico Madrid (Agregat 0-1)

FC Porto 1-1; 0-1 Juventus (Agregat 1-2)

SL Benfica 1-2; 1-3 Borussia Dortmund (Agregat 2-5)

Update :

8/3

Paris 4-0; 1-6 Barca  (agg 5-6 , what a comeback!)

Benfica 1-0; 0-4 Dortmund (agg 1-4)

7/3

Real Madrid 3-1; 3-1 Napoli (agg: 6-2)

Bayern 5-1 ; 5-1 Arsenal (agg 10-2))

15/3

Bayer Leverkusen 2-4; 0-0 Atletico Madrid (agg: 2-4)

Man. City 5-3; 1-3 AS Monaco (agg: 6-6, Monaco lolos berkat keunggulan gol tandang)

14/3

Porto 0-2; 0-1 Juventus (agg: 0-3)

Sevilla 2-1;0-2 Leicester (agg: 2-3)

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

15 replies to UCL is Back, Prediksi Saya

  1. Kalau saya berharap leicester akan mengikuti jejak nottingham forrest di tahun 78. Setelah mengejutkan menjadi juara liga inggris, tahun berikutnya menjuarai liga champions. Siapa yang tahu nasib leicester. Sepertinya kejutan belum berakhir meskipun mereka melempem di kompetisi domestik musim ini.

    • Peluangnya ada sih, tapi kecil sekali. Di jaman Nottingham Forest dulu sepakbola blm menjadi industri besar kayak sekarang. Klub2 spt Barcelona, Madrid & Bayern skrg sangat sulit ditandingi oleh klub2 yg tak punya kemampuan finansial yg kuat.
      Leicester mungkin bisa membuat kejutan dengan mengalahkan Sevilla, tetapi mereka akan mentok saat bertemu salah satu dari 3 tim “dewa” tadi.

      • Sebenarnya saya juga nggak percaya, ntah faktor keberuntungan atau apa yg jelas tahun lalu leicester juara. Lagian komposisi pemain juga nggak berubah, jadi masih berharaplah agar ada keajaiban kedua dari leicester.

        • Bakalan aneh sih kalau itu benar2 kejadian. Soalnya di Liga mereka terancam degradasi juga. Mereka bisa mencetak rekor juara UCL pertama yg terdegradasi di musim yg sama, hahaha

          • Iya itu juga mungkin kejadian pertama di sejarah. Jadi ingat liverpool saat dilatih rafael benitez. Juara liga champions tapi duduk di peringkat 5. Nah mungkin saja kan ada kejadian lucu lainnya, headlinenya “Juara yang terdegradasi” ha ha ha……

          • hahaha saya juga pengen itu kejadian. Bakalan jadi cerita menarik yang akan diingat sampai puluhan tahun ke depan.
            Tapi prediksi saya dua-duanya nggak kejadian.

  2. Maaf, gak bisa banyak komen. Soalnya dalam bidang olahraga, khususnya sepak bola, pengetahuan saya sangat minim, bahkan mungkin buruk sekali.

    Sekedar mau nanya aja, apa saya kelewatan bacanya atau tidak, FC unggulan atau favorit mas Firman apa ya? Apa semuanya dari manca negara semua?

    • Terima kasih sudah berkomentar mas, walaupun topik ini mungkin tak terlalu menarik bagi anda.

      Klub favorit saya di Indonesia, PSIS Semarang.
      Kalau untuk mancanegara saya suka Juventus FC. 😀

      • Hahaha.. meskipun bgtu saya jadi bljar apa artinya membaca sampai selesai blog org lain, hehe.. 2 kali lo mas saya bacanya, tapi ttp krn ilmu persepakbolaan saya buruk, ya paham sekadarnya saja…

  3. Saya jagoin Real madrid, dan seru juga ketemu Napoli. Juga berharap PSG bisa menang atau minimal bisa imbangi leg ke 2 lawan barcelona di Camp neu.

    • Barca mah kayaknya udah nggak ada harapan gan, kalau Madrid masih perlu waspada soalnya Napoli cukup kuat saat main di kandang.

  4. Bravo buat Manchester City …………..!!!!!
    meskipun saya selalu terima apa yang terjadi dilapangan …

  5. Pingback:

  6. Pingback:

  7. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!