Prediksi Juara Liga 1

Kali ini saya akan membahas kompetisi kasta tertinggi di Indonesia Gojek-Traveloka Liga 1.

Kompetisi yang kini sudah memasuki pekan kelima tersebut punya banyak hal menarik yang bisa dibahas. Dari mulai pemecatan pelatih, sanksi kepada sejumlah pemain, hingga kualitas siaran yang buruk. 

Kebanyakan memang negatif, namun liga Indonesia tetaplah Liga Indonesia. Liga terketat di dunia yang selalu menghadirkan persaingan seru.

Baca juga : (Update) Catatan Paruh Musim Liga 1 & Prediksi Akhir Musim

Lihat klasemen Gojek-Traveloka Liga 1 sampai dengan pekan kelima berikut ini.

persib-liga-1

 

Tiga tim bersaing ketat di papan atas. Sementara tim-tim di bawahnya tidak terlalu tertinggal jauh.

Hanya ada tiga tim yang belum terkalahkan yakni PSM Makassar, Persib Bandung, dan PS TNI. Sementara ada dua tim yang belum pernah menang yakni Persegres Gresik United dan Persiba Balikpapan.

Perjalanan kompetisi ini masih panjang, masing-masing klub masih harus bertanding sebanyak 29 kali lagi. Posisi klub-klub di klasemen masih sangat mungkin berubah.

Lalu, tim manakah yang akan menjadi juara?

Inilah prediksi saya, dimulai dari yang menurut saya peluangnya paling besar.

 

PSM Makassar

PSM adalah salah satu klub terbesar dan tertua di Indonesia. Sayangnya dalam beberapa musim terakhir mereka seperti tertidur. Di ajang Torabika Soccer Championship (TSC) tahun lalu mereka bahkan sempat terpuruk di papan bawah.

Beruntung kemudian datang Robert Rene Albert. Pelatih top asal Belanda yang pernah membawa Arema juara tersebut berhasil membangkitkan PSM. Selepas membawa PSM mencetak rekor fantastis di akhir musim TSC lalu, coach Albert meneruskan sentuhan gemilangnya dengan membawa PSM untuk sementara memimpin klasemen.

Kekuatan utama PSM terletak di barisan tengah yang diisi duo Belanda Wiljan Pluim dan Marc Klok. Kedua pemain tersebut sejauh ini selalu berhasil mengontrol lini tengah siapapun lawan yang mereka hadapi.

Laskar Juku Eja juga punya ketahanan fisik dan mental yang baik. Terbukti dari hasil dua laga tandang yang mereka jalani. PSM mampu tampil dominan di kandang Mitra Kukar (Tenggarong, Kaltim) meski hanya meraih hasil imbang 1-1. Mereka juga berhasil mencatatkan diri sebagai tim pertama sepanjang sejarah yang mampu menang di kandang Perseru (Serui, Papua).

 

Arema FC

Arema yang saat ini bercokol di peringkat kedua juga layak diperhitungkan. Pasalnya, merekalah pemilik rekor pertahanan terbaik sampai dengan pekan kelima.

Sejauh ini gawang Kurnia Meiga baru kebobolan satu gol.

Dalam format kompetisi Liga, pertahanan adalah hal yang sangat penting. Ada pepatah yang mengatakan , “Penyerangan membuatmu memenangkan pertandingan tetapi pertahanan membuatmu memenangkan kompetisi”.

Yang menarik Arema saat ini dilatih oleh Aji Santoso, orang yang sama yang pernah membawa timnas Indonesia takluk 0-10 dari Bahrain dan 0-6 dari Thailand.

 

Barito Putera

Tak banyak yang meyakini Barito akan meraih sukses musim ini. Wajar. Di TSC lalu mereka memang tampil buruk. Tak pernah bisa beranjak dari papan bawah.

Musim ini pun mereka baru meraih 7 poin dan bercokol di peringkat 9 klasemen sementara.

Tetapi saya cukup yakin mereka akan berada di papan atas musim ini, kalau tidak juara.

Keberadaan Jaksen Tiago di kursi pelatih lah yang membuat saya tak ragu Barito akan bisa menembus hegemoni tim-tim besar.

Di tangan Jacksen, Barito selalu menampilkan permainan yang rapi dan enak ditonton. Meski hasilnya belum memuaskan, namun saya percaya tim ini berada di jalur yang benar untuk bisa menembus papan atas liga 1.

 

Persib Bandung

Berkebalikan dari Barito, Persib sejauh ini belum menampilkan permainan yang meyakinkan meski bercokol di posisi 2. Padahal Persib bisa dibilang adalah klub terkaya dan termewah di Liga 1.

Dalam konferensi pers seusai pertandingan melawan Persipura yang dimenangi Persib 1-0 beberapa waktu lalu, Djajang Nurdjaman, pelatih Persib mengeluarkan pernyataan yang cukup menarik , “(Bagi pendukung) yang tidak puas silakan. Untuk saat ini yang penting poin. Kita tidak mau kalah dan jangan kalah.”

Sekilas tak ada yang aneh dengan pernyataan tersebut. Setiap pelatih tentu lebih memilih menang daripada bermain cantik. Namun jika melihat penampilan Persib di lima laga awal, kenyataannya mereka termasuk beruntung bisa memenangi tiga di antaranya.

Termasuk saat menjamu Persipura, Persib tertekan sepanjang pertandingan meski akhirnya mampu menang berkat sepakan penalti Michael Essien.

Okelah, Persipura memang tim kuat. Wajar jika Persib memilih bermain bertahan. Namun anehnya mereka tampil dengan gaya yang nyaris serupa saat bertandang ke Persegres Gresik United. Tim yang banyak diisi pemain muda yang kini terpuruk di dasar klasemen sementara itu bahkan mampu menciptakan lebih banyak peluang sebelum secara kejam Billy Keraf mencetak gol kemenangan Persib tepat di menit terakhir.

Masalah utama Persib menurut saya adalah kualitas pemain-pemain muda mereka yang terlalu jomplang dengan para pemain senior. Belum lagi masalah fisik dan mental mereka yang belum sepenuhnya teruji.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Persib selalu kesulitan saat bertandang ke markas klub lain. Laga di Gresik adalah salah satu buktinya. Padahal mereka sama sekali belum menjalani laga-laga tandang berat ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, maupun Papua.

Faktor inilah yang membuat saya ragu Persib akan mampu menjuarai Liga 1 musim ini.

 

Bagaimana dengan tim-tim lainnya?

Musim ini memang cukup menarik karena hampir semua tim mendatangkan pemain-pemain asing berkualitas.

PS TNI mungkin akan menjadi tim yang paling mengejutkan, namun saya rasa mereka tidak akan cukup konsisten untuk menjadi juara.

Demikian pula Persipura yang memiliki talenta-talenta berbakat. Mereka mungkin masih akan berada di papan atas namun sepertinya akan sangat sulit menjadi juara.

Selain itu saya juga tertarik dengan kiprah Madura United dan Bali United. Madura memiliki penyerang haus gol Peter Odemwingie  yang merupakan mantan pemain West Brom dan Stoke City serta timnas Nigeria.

Sementara Bali United selalu tampil menghibur meski mereka jarang menang.

 

….

 

Itulah tadi prediksi saya.

Dari pengalaman yang sudah-sudah prediksi saya memang sering salah, namun semoga kali ini benar.

😀

 

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

10 Replies to “Prediksi Juara Liga 1”

  1. Klo di liga indonesia sebenarnya saya lebih menyukai persipura. Alasannya sederhana, karena banyak pemain persipura merupakan pemain asli yg berasal dari papua. Jadi seperti atletic bilbao. Bayangkan klo ada klub yg sering menelurkan pemain berbakat dari binaan klub, mungkin persipura berpotensi melakukannya.

    • Betul mas, Persipura emang nggak pernah kehabisan talenta berbakat. Meskipun mereka lebih “toleran” dr Bilbao yang cuma mau menerima pemain kelahiran Basque doang.

      Tapi musim ini kayaknya mereka bakalan susah. Selain karena pelatihnya baru kabarnya mereka juga sempat mengalami kesulitan finansial.
      Tapi saya berharap mereka tetap bisa setidaknya menembus papan atas.

      • kayaknya anda perlu mengoreksi prediksi anda, Persipura berada di barisan terdepan Calon Juara, PSM akan menjadi tim yang mengganjal rival2 lainnya…..pekan ke-9 Persipura akan memimpin klasemen dan saya yakin akan bertahan hingga liga selesai, alasannya jelas, kualitas Us-22 Perspura dan senior sangat berimbang, hanya Persipura, Bhayangkara dan PSM yg tidak terlihat perbedaan kualitas antara Usia muda dan Senior…..Viva Persipura#kami dukung Persipura Juara

        • Mana bisa prediksi diralat mas, hahahha.
          Ini cuma buat senang-senang saja kok.

          Saya akui saya salah menilai Persipura di awal musim. Soalnya di awal-awal mereka terlihat tumpul di depan dan rapuh di belakang. Apalagi saya masih ragu pada kemampuan coach Listieadi.
          Tapi belakangan permainan mereka makin membaik. Terakhir saya lihat permainan mereka saat melawan Persiba sudah sangat bagus.
          Dari situ saya belajar satu hal, “Jangan pernah coret Persipura dari daftar kandidat juara”

          Kompetisi masih panjang prediksi saya masih mungkin benar, walaupun kalau melihat klasemen sekarang cukup sulit.

          hahhaha Terima kasih banyak atas kunjungan dan komentarnya!

  2. Prediksinya yg mana mas? Atau saya bacanya kecepatan? Hee… maaf

  3. O bgtu …. saya salah persepsi ternyata, haha…maaf

  4. Pingback:

  5. Semua orang punya hak utk mempredisi itu sah2 saja tp Yg saya tahu persipura itu identik dengan juara jd klu tidak juara 1 pasti raner up atau juara 2. Sejarah sepak bola di indonesia klub paling sukses cuma persipura .jadi tahun ini ” PERSIPURA JUARA LIGA 1 INDONESIA “

    • Ya saya setuju mas. Saya akui saya melakukan kesalahan karena tidak memperhitungkan Persipura di awal kompetisi. Pertimbangan saya saat itu adalah karena saya tidak terlalu yakin dengan kemampuan coach Listiadi. Apalagi beliau tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan tim, terlihat dari penampilan buruk di awal kompetisi dimana ada lubang besar di lini pertahanan persipura.

      Tetapi Persipura tetaplah Persipura, seperti yang anda bilang, tim ini identik dengan juara. Mental itu sepertinya sudah tertanam di diri mereka sehingga selalu bisa bangkit meski sempat melalui masa-masa sulit.

      Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar mas, saya juga akan sangat senang jika Persipura bisa mempertahankan tradisi juara mereka tahun ini. 🙂

  6. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!