Prediksi Juara Premier League 2017/2018

prediksi juara epl liga inggris premier league
gambar : independent.co.uk

Kompetisi sepak bola terpopuler di dunia, English Premier League (EPL) telah kembali. Laga antara Arsenal vs Leicester City dini hari tadi menjadi pembuka musim 2017/2018 yang menjanjikan persaingan ketat dan kejutan-kejutan baru. Berikut ini adalah prediksi juara premier league versi FIRMANSTEA.COM

Sebelumya saya ingin bilang kalau menebak juara Premier League tidaklah mudah. Kompetisi ini punya banyak tim-tim besar yang tak segan-segan menggelontorkan ratusan juta poundsterling setiap musimnya demi meraih prestasi tertinggi.

Tetapi untuk musim ini sepertinya dua klub asal Manchester, City dan United akan menjadi yang terdepan dalam perebutan gelar.

Bukan tanpa sebab, keduanya merupakan klub-klub yang paling aktif di bursa transfer.

Man. City

City terlihat sangat serius membenahi lini belakang mereka dengan mendatangkan bek-bek dan kiper mahal. Kyle Walker, Danilo, Benjamin Mendy, dan Ederson, didatangkan dengan total biaya lebih dari 200 juta pounds.

Mereka juga berhasil mendatangkan gelandang serang berbakat AS Monaco, Bernardo Silva.

Bergabungnya pemain-pemain tadi bersama dengan pemain-pemain bintang yang sudah lebih dulu bermain di Etihad Stadium seperti Kevin De Bruyne, David Silva, dan Sergio Aguero membuat skuad asuhan Pep Guardiola menjadi salah satu favorit untuk menjuarai Premier League tahun ini.

Man. United

Situasi yang tak jauh berbeda juga dialami tetangga Man. City, Man. United. Selepas menjalani musim yang berat dimana mereka harus puas menempati peringkat enam klasemen akhir, MU nampaknya akan lebih serius menghadapi premier league musim ini.

Jose Mourinho membuat keputusan yang tepat dengan mendatangkan pemain-pemain yang sesuai kebutuhan tim.

Kedatangan Victor Lindelof membuat lini belakang United akan semakin kokoh. Keberadaan pemain asal Swedia ini juga membuat Mourinho tak akan lagi pusing jika ingin bermain dengan tiga bek.

Sementara Nemanja Matic yang didatangkan dari Chelsea bisa menjadi pemain kunci United. Dengan adanya Matic kemungkinan besar Paul Pogba akan lebih lebih leluasa untuk membantu penyerangan, sesuatu yang tak bisa ia lakukan dengan maksimal musim lalu.

Sedangkan Romelu Lukaku tak diragukan lagi merupakan pengganti yang sepadan bagi Zlatan Ibrahimovic yang masih berkutat dengan cedera.

Lukaku adalah jaminan gol. Ia telah menunjukkan konsistensinya dalam mencetak gol di premier league dalam beberapa musim terakhir.

Berdasarkan kondisi-kondisi tadi, saya pikir MU punya peluang besar menjuarai Premier League musim ini.

Chelsea

Chelsea membuat langkah berani di bursa transfer dengan melepas beberapa pemain kunci yang berperan penting dalam keberhasilan menjuarai premier league musim lalu.

Diego Costa, topskor musim lalu telah dipersilakan untuk hengkang oleh manajer Antonio Conte.

Sedangkan Nemanja Matic malah dijual ke klub rival Man. United.

Sebagai gantinya The Blues mendatangkan Antonio Rudiger, Tiemoue Bakayoko, dan Alvaro Morata. Dari ketiganya, cuma Morata yang bisa dibilang merupakan pemain kelas dunia.

Jika dibandingkan dengan United atau City, pergerakan Chelsea di bursa transfer kali ini memang tidak terlalu bagus. Tetapi jangan salah, situasi yang nyaris sama juga terjadi musim lalu.

Pembelian David Luiz dan Marcos Alonso yang diragukan oleh banyak pihak kala itu malah menjadi kunci keberhasilan penerapan taktik 3-4-3 Conte.

Boleh jadi Conte sedang meramu strategi anyar dengan pemain-pemain baru mereka musim ini, karena seperti kita tahu, formasi 3 bek kini telah menjadi tren di Premier League. 

Bisakah Chelsea mempertahankan gelar mereka?

Meski sulit, saya masih yakin mereka punya peluang.

Antonio Conte telah membuktikan sebelumnya di Juventus dan timnas Italia kalau ia bisa membuat timnya terus tampil konsisten meski tak memiliki skuad terbaik.

Mari lihat apa yang bisa dilakukannya kali ini.

Klub-klub lain

Ada alasan kenapa saya hanya menjagokan tiga tim di atas untuk bersaing memperebutkan gelar juara Premier League 2017/2018. Saya merasa cuma tiga tim tadi lah yang akan mampu tampil konsisten sepanjang musim.

Seperti kita tahu kompetisi berformat liga ibarat lari marathon. Bukan pelari tercepat yang akan menang, melainkan yang paling konsisten mempertahankan kecepatannya.

Arsenal mungkin lebih kuat kali ini. Tetapi mereka selalu sulit untuk tampil konsisten dari awal hingga akhir musim. Apalagi mereka akan berlaga di Europa League, kompetisi dengan jadwal yang sangat padat, lebih padat dari Champions League.

Sedangkan Liverpool sepertinya belum akan banyak berubah dibandingkan musim lalu. Kegagalan memperkuat sektor pertahanan membuat mereka sepertinya akan kembali menjadi bulan-bulanan serangan balik tim-tim kecil. Belum lagi kemungkinan mereka akan kehilangan Philippe Coutinho yang diincar Barcelona.

Bagaimana dengan runner up musim lalu Tottenham Hotspur?

Well, sepertinya musim ini akan menjadi musim yang sulit bagi mereka. Selain karena tak bisa berlaga di stadion kebanggaan mereka White Hart Lane yang sedang dalam proses pembangunan, mereka juga belum memperkuat tim di bursa transfer.

Proses pembangunan stadion baru tampaknya menyedot banyak dana sehingga mungkin mereka tak akan berani jor-joran di bursa transfer seperti tim-tim lain.

 

Prediksi 10 besar premier league 2017/2018

  1. Man. City
  2. Man. United
  3. Chelsea
  4. Arsenal
  5. Tottenham Hotspur
  6. Liverpool
  7. Everton
  8. Southampton
  9. West Ham
  10. Newcastle Utd

 

 

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

4 replies to Prediksi Juara Premier League 2017/2018

  1. Tapi saya pernah liat sekilas ada yg malah menjagokan spurs mas firman. Saya nggak tahu faktor apanya yg diliat, tapi katanya spurs berpeluang juara meskipun ditinggalkan beberapa pemain pentingnya.

    Chelsea kemarin kalah. Liverpool draw. Semoga mu nanti malam bisa dapat poin penuh.

    • Sebenarnya klo secara permainan, Spurs emang layak dijagokan sih, cuman menurut saya mereka nggak punya pemain-pemain pelapis yang cukup. Jadi kemungkinan besar nasib mereka bakalan spt musim lalu, bahkan bisa jadi lebih buruk karena tim-tim lain udah jauh lebih kuat sekarang.

      Barusan Spurs juga menang, tinggal MU doang nih, hehehe

      Kekalahan Chelsea kemarin memang mengejutkan tapi menurut saya itu cuma gara2 kesalahan 1 atau 2 pemain aja sih, saya masih yakin Chelsea akan finish 3 besar musim ini.

  2. Tim yg punya kedalaman skuad, penampilannya stabil yg bisa bertahan di Puncak klasemen.hanya saja jadwal pertandingan yg padat memang patut diwaspadai

    • Setuju, menurut saya tim2 yang gugur duluan di UCL nanti malah berpotensi menjuarai Liga karena fokusnya tidak terganggu.
      Itulah kenapa sy lebih menjagokan City. Menurut saya United lebih berpeluang untuk melaju jauh di UCL.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!