Beberapa Podcast Indonesia yang Harus Kalian Dengarkan

Podcast Indonesia


Kurang lebih setahun yang lalu, saat saya menulis tentang podcast, saya mengeluhkan tentang sangat sedikitnya Podcast Indonesia yang tersedia. Saya kecewa karena di luar sana banyak sekali podcast-podcast menarik yang tidak bisa saya nikmati sepenuhnya akibat penguasaan bahasa asing saya yang terbatas.

Untungnya sejak pertengahan tahun ini, podcast-podcast Indonesia mulai hadir dan bahkan di akhir tahun 2018 ini saya bisa menuliskan rekomendasi podcast Indonesia terbaik versi saya dari sekian banyak pilihan yang tersedia.

Berikut daftarnya.

Podcast Awal Minggu (PAM)

Menulis artikel tentang podcast Indonesia tanpa menyebut Podcast Awal Minggu ibarat menyebutkan nama-nama presiden Indonesia tanpa Sukarno. PAM barangkali merupakan podcast pertama di Indonesia, dan bahkan banyak orang menyebut Adriano Qalbi, sang podcaster sebagai “Bapak Podcast Indonesia”.

Di tengah “gempuran” podcast-podcast baru, Podcast Awal Minggu masih menarik minat banyak orang untuk mendengarkannya. Terbukti podcast ini selalu masuk daftar podcast paling banyak didengarkan di semua aplikasi podcast.

Meskipun belakangan frekuensi update podcast ini agak berkurang, namun ocehan-ocehan jenaka dari Adriano Qalbi masih sangat-sangat nikmat untuk mengisi waktu-waktu anda di perjalanan, saat berolahraga atau bahkan di malam hari sebelum tidur.

Dengarkan podcast awal minggu di sini (Spotify)

Box2BoxID

“Podcast sepak bola nomor satu di Indonesia”, begitulah podcast ini memperkenalkan diri. Saya rasa semua pecinta bola tidak akan membantah klaim ini karena memang tidak ada podcast Indonesia bertema sepak bola yang lebih baik dari Box2box podcast.

Dipandu oleh tiga pundit ternama Indonesia, Pangeran Siahaan, Tyo Prasetyo Utomo, dan Justinus “Coach Justin” Lhaksana, Box2box menghadirkan hiburan yang bergizi bagi para pecinta bola tanah air selama dua minggu sekali, setiap Senin dan Jumat. Reaksi terhadap hasil-hasil pertandingan akhir pekan, prediksi, serta fakta-fakta menarik mengenai pemain, pelatih, klub, fans di dalam maupun luar lapangan dibahas dengan sudut pandang dan opini unik masing-masing pundit.

Dengarkan Box2BoxID podcast di sini




Thirty Days of Lunch

Sebuah podcast yang akan memberikan pelajaran kepada pendengarnya dalam waktu tiga puluh hari. Ario Pratomo dan Fellexandro Ruby menghadirkan konsep unik melalui podcast Thirty Days of Lunch. Di setiap episode-nya mereka akan mengajak seorang narasumber untuk makan siang sembari ngobrol-ngobrol santai tentang berbagai tema kehidupan seperti karier, pendidikan, passion, dll yang membuat di akhir episode kita akan selalu mendapatkan sesuatu.

Saat ini podcast ini telah memiliki 13 episode dan saya harus tulis di sini kalau episode 11 podcast ini yang menghadirkan Najwa Shihab sebagai narasumber adalah salah satu episode podcast terbaik yang pernah saya dengarkan.

Dengarkan podcast Thirty Days of Lunch di sini

Baper (Bacotan Pria)

Sesuai namanya Podcast Baper berisi obrolan-obrolan dari para pria, yakni Andre Anthony dan Enol Andreas. Banyak hal yang diobrolkan di podcast ini mulai dari karir, pendidikan sampai travelling. Semuanya dibahas dengan ringan dan menarik layaknya obrolan dengan teman biasa.

Kelebihan dari podcast ini menurut saya adalah pemilihan tema-tema yang selalu menarik dan penyampaiannya yang rapi. Bagi saya pribadi podcast ini adalah podcast Indonesia yang suara penyiarnya paling enak didengar. Sangat cocok dijadikan teman pengantar tidur.

Dengarkan podcast Baper di sini

Baiklah, itulah tadi empat podcast yang saya rekomendasikan untuk kalian dengarkan. Tentunya masih banyak podcast-podcast Indonesia menarik lainnya yang belum ada di daftar ini. Jangan khawatir, masih akan ada banyak tulisan berikutnya mengenai podcast.

Sekian untuk kali ini, jika kalian punya rekomendasi podcast menarik lain, silakan tulis di kolom komentar.

Catatan:

Tautan podcast yang saya berikan di atas adalah tautan menuju aplikasi spotify. Jika kalian menggunakan aplikasi pemutar podcast lain, silakan ketikkan nama podcast di kolom pencarian aplikasi podcast yang kalian gunakan.

Advertisements

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

5 replies to Beberapa Podcast Indonesia yang Harus Kalian Dengarkan

  1. Saya baru denger yang namanya podcast ini hehe.
    Maklum saya tidak suka sama spotify atau aplikasi sejenisnya karena pakai kuota.
    Tapi sekarang hmm coba download lagi ahh (terakhir kali download spotify cuma bertahan 15 menit di hp-ku). Kayaknya seru dengerin podcast ini.

    • Memang Spotify harus pakai kuota tp sebenarnya nggak terlalu gede juga, apalagi kalau cuma buat dengerin podcast. Bahkan masih jauh jika dibandingkan dengan kuota yg habis untuk nonton video-video di Youtube.

      Satu lagi keunggulan podcast dibandingkan video adl bisa dinikmati kapanpun & dimanapun, bahkan saat sedang bekerja/berkendara.

  2. Podcastnya Adriano Qolbi sih yang banyaaak yang ngomongin dan ya emang sebaguuuus itu 😀

    lainnya, sepertinya saya harus ikutan mencoba mendengarkan 😀

    • Iya, PAM masih seru dan menarik walaupun udah nggak teratur update-nya.

      Saran saya sih kalau abis dari PAM, coba mulai dari Thirty Days of Lunch dulu, nuansanya mirip PAM yg dengan tamu.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!