Resolusi Blogging 2017

jaritelunjuk
detik.com

Kalau dihitung-hitung blog ini usianya  sudah hampir satu tahun. Postingan pertama saya diterbitkan tanggal 4 Februari 2016.  Total sudah ada  35 postingan sampai dengan saat ini . Tetapi itu sudah termasuk postingan-postingan yang saya impor dari blog saya yang lama. Postingan “asli” dari blog ini sebenarnya baru berjumlah 20.  Jadi  rata-rata saya cuma memposting 2 artikel setiap bulannya.

Fakta-fakta tadi menunjukkan kalau saya tak pernah benar-benar niat nge-blog. Selain tidak terjadwal, konten-konten blog ini pun bisa dibilang berantakan.

Tetapi semuanya mulai agak berubah sejak bulan November lalu. Saat itu saya membuat sebuah postingan di forum wordpress untuk mencari teman nge-blog. Setelah itu mulailah follower blog ini bertambah dan pengunjung blog ini meningkat.

Hal itu membuat saya semakin bersemangat untuk menulis dan rajin mengupdate blog saya secara teratur. Menyadari tulisan-tulisan saya dibaca oleh lebih banyak orang membuat saya tak ingin mengulangi kebodohan-kebodohan saya di masa lalu.

Maka dari itu saya rasa momen tahun baru 2017 ini adalah saat yang tepat untuk membuat resolusi blogging.

 

Berikut daftar resolusi saya:

1. Posting artikel tiap 3 hari sekali.

Inilah mungkin tantangan terbesar saya ke depannya. Saya sebenarnya tidak bermasalah dengan waktu. Saya punya cukup waktu untuk menulis setiap hari. Sayangnya seringkali waktu luang saya habis untuk hal-hal yang kurang berguna. Tahun depan Mulai sekarang saya akan berusaha rutin menulis setiap hari dan mem-postingnya maksimal setiap tiga hari sekali.

 

2. Menulis Cerita Fiksi.

Sejauh ini belum ada kategori cerita fiksi di blog ini. Entah kenapa saya masih kurang percaya diri untuk membuat karya fiksi. Tahun depan saya akan berusaha membuat cerita fiksi yang kemungkinannya berupa cerita pendek dan cerita bersambung. Semoga saya bisa memposting karya-karya fiksi saya paling tidak sebulan sekali.

 

3. Membuat Infografis. 

Saya sangat suka membaca artikel-artikel yang disertai dengan infografis. Itulah salah satu alasan kenapa saya suka mengunjungi situs Tirto.id. Memang kelihatannya sederhana, namun beberapa kali saya mencoba membuat infografis tetapi hasilnya masih kurang memuaskan.

Semoga saya bisa meningkatkan kemampuan desain saya.

tirto_1078kayasebelum30tahun-01_ratio-9x16
Infografis tirto.id yang menarik

 

4. Membuat Channel Youtube yang Berkaitan dengan Blog Ini.

Kalau untuk ini saya tak memiliki target khusus. Saya cuma ingin mencoba menyajikan konten-konten di blog ini dalam bentuk video. Beberapa waktu lalu saya sudah melakukan ujicoba dengan membuat video berdasarkan postingan saya yang berjudul Momen-Momen tak Terlupakan Timnas di AFF Suzuki Cup 2016.

Hasilnya memang masih belum terlalu bagus tetapi saya cukup puas.

 

5. Menghasilkan Lebih Banyak Tulisan yang tampil di halaman pertama mesin pencari.

Sejauh ini ada beberapa artikel saya yang tampil di halaman pertama google. Namun saat saya cek, kata kunci yang merujuk pada postingan saya kurang begitu umum sehingga jumlah kunjungan dari mesin pencari saya-pun masih sangat sedikit.

seo
random

 

6. Mendapatkan 50-100 pengunjung per hari.

Tantangan yang luar biasa besar karena saat ini pengunjung blog ini masih sangat kecil. Tetapi saya akan berusaha untuk minimal mendapatkan 50 pengunjung per hari tahun depan. Semoga peningkatan kuantitas dan kualitas artikel bisa membantu mendongkrak jumlah pengunjung blog ini.

pengunjung
Sengaja skalanya saya crop biar nggak malu-maluin

 

7. Memiliki custom domain sendiri.

Resolusi ini amat bergantung dengan sukses atau tidaknya saya mewujudkan keenam resolusi saya sebelumnya. Sebenarnya saya bisa saja membeli custom domain sekarang juga tapi buat apa? Apa pentingnya sebuah domain kalau blog ini masih sepi pengunjung.

Lagipula biaya pasang domain di wordpress cukup tinggi. Setahu saya butuh dana  13-18 dollar. (Kalau ada yang tahu caranya biar lebih murah mohon komentar di bawah )

 

Itulah tujuh resolusi tahun baru saya di 2017. Tujuh tantangan yang tidak mudah bagi saya. Tetapi karena tidak mudah itulah sesuatu menjadi istimewa. Jika itu mudah semua orang akan melakukannya dan menjadi hal yang umum bukan?

Semoga saya bisa mewujudkan semua resolusi-resolusi saya.

 

Terima kasih kepada kalian yang telah  mem-follow blog ini meski tak banyak yang bisa kalian dapat dari blog ini.

 

Selamat tahun baru 2017.

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

14 replies to Resolusi Blogging 2017

  1. Kalo resolusi saya supaya lebih lancar lagi monetisasi nya… juga agar blog saya menjadi jujugan cosplayer se surabaya wkwkkw

    • Mantap itu bro, kalau saya mah masih jauh, masih berkutat di perbaikan konten sama naikin visitor. Btw kalau boleh tau ente pasang domain itu habis berapa?

      • Aduh.. udah habis banyak sih….. kalo yg di wp.com upgrade ke .com bayar 28 $(plus mapping dll) / tahun…

        • Lumayan juga ya, semoga tahun depan saya bisa upgrade, paling nggak yang 18 dollar dulu hehe
          Sukses terus bro..

          • iya coba aja…. sebanding sama kualitas n gengsi yg didapat…. juga blognya kalo bisa daftarin ke google webmaster juga analytic…

          • Sip bro, terima kasih atas saran dan info-nya

  2. Woh, keren.
    Punya resolusi blogging padahal baru gabung. Nah saya apaan punya blog dari 2010 tapi cuma gitu-gitu doang bahkan sering hiatus 🙁
    Semangat! Semoga lekas tercapai harapan utk 2017nya!

    • Amin, terima kasih.
      Haha , bikinnya sih gampang, tapi ngejalaninnya itu yang susah. Ngeblog dari tahun 2010 sampai sekarang masih blog walking itu lebih keren sih.

      • Haha bener banget. Syusaaaaah…
        Sempet berhenti ngeblog kok mas. Mulai blogwalking lagi sejak Desember ini aja. Serius ._.)v

  3. Semoga resolusinya tercapai. Poin no 6 bagus juga targetnya, semoga kecapai. Gabung di wordpress seru apalagi kenal shiq4, wah dia tu jagonya urusan tips nulis

    • Thanks, iya saya juga pengen jago nulis kayak beliau.

  4. aamiin.
    semoga ya, semangat nulisnya #padahalakunyamales hehe

    • Ahahaha, saya juga baru mulai semangat beberapa bulan ini, thanks, salam kenal!

  5. Pingback:

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!