Indiepreneur (Pandji Pragiwaksono)

review buku indiepreneur pandji pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono adalah salah seorang penulis yang gaya menulisnya sangat saya kagumi. Saya sudah pernah membahasnya di Nasional. Is. Me, Pandji Pragiwaksono dan Buku-Bukunya

Pandji, menurut saya, adalah satu dari sedikit orang yang bisa berbicara dan menulis sama baiknya. Maksud saya, ada orang yang jago menulis tetapi menjadi lain saat ngomong. Demikian juga sebaliknya, banyak orang yang jago ngomong tapi benar-benar kesulitan saat menulis. Akhirnya, tulisannya tak bisa sebagus seperti saat dia bicara langsung.

Pandji sekarang lebih dikenal sebagai seorang pelawak tunggal (stand up comedian) , presenter, pemain film atau penulis.

Padahal ia juga adalah seorang musisi (rapper) , penulis komik (komikus), dan enterpreneur. Ia juga aktif di dunia politik dan bahkan sempat menjadi juru bicara salah satu calon gubernur DKI beberapa waktu lalu. (Kalau ini pasti udah pada tahu sih 😀 ).

Karya-karya Pandji memang tidak semuanya populer. Meski begitu ia tak pernah merugi dan bahkan mampu hidup dari karya-karyanya. Semua itu berkat kelihaiannya dalam memanfaatkan internet dan sosial media.

Dalam buku Indiepreneur inilah Pandji mengungkapkan “rahasia-rahasia” kesuksesannya .

Sinopsis

Buku setebal 187 halaman ini berisi beberapa bab yang intinya membahas 8 strategi yang dilakukan Pandji dari mulai pembuatan produk/ karya sampai memperoleh penghasilan.

G8 Product (Great Product)

Langkah-langkah membuat produk/ karya yang bukan hanya bagus tapi beda. Seperti yang sering dikatakannya, “Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik”.

G8 Promotion (Great Promotion)

Langkah –langkah mempromosikan produk secara tepat di media sosial.

G8 Community (Great Community)

Menciptakan komunitas untuk pelanggan setia. Komunitas tak harus besar. Yang terpenting bukan “berapa” tapi “siapa”. 100 orang pelanggan setia lebih menguntungkan daripada 1000 pelanggan biasa.

G8 Experience (Great Experience)

Menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan yang membeli/ menikmati karya/ produk kita.

G8 Pricing (Great Pricing)

Menentukan harga yang tepat. Tidak mahal, tetapi juga tidak bikin rugi.

G8 Distribution (Great Distribution)

Memastikan produk sampai ke tangan konsumen dengan mudah terutama pembelian melalui toko online.

G8 Collaboration (Great Collaboration)

Berkolaborasi dengan brand tertentu dan keuntungan-keuntungannya.

G8 Team (Great Team)

Membangun tim manajemen yang solid dan efektif.

Review

Indipreneur adalah sebuah buku yang sangat relevan dengan kondisi saat ini. Semua strategi yang ada di buku ini sangat bisa dan cocok diterapkan di era sekarang .

Pandji menjelaskan semuanya secara lengkap dan diperkuat dengan contoh-contoh nyata dari pengalaman-pengalamannya sendiri.

Ia juga berani menentang anggapan-anggapan yang dipercaya banyak orang. Seperti misalnya mengenai pembajakan yang menurutnya tak selalu merugikan, bahkan di beberapa kasus justru pembajakan membuat sebuah produk menjadi populer dan meraih banyak keuntungan.

Ada banyak cerita-cerita kesuksesan di buku ini, semuanya dikupas satu per satu sehingga kita bisa mempelajari metode-metode terbaik untuk mencapainya.

Buku ini sangat layak dibaca bagi anda para pekarya yang merasa kesulitan untuk bisa memperoleh penghasilan yang layak dari karya-karya kalian.

Bagi yang belum punya karya, buku ini akan memotivasi kita untuk berani berkarya. Karena seperti kata Pandji, bangsa kita masih kekurangan orang-orang yang punya semangat entrepreneurial.

Kita kehilangan orang-orang yang berani memulai dari nol daripada melakukan pengulangan; yang bisa mencari jawaban daripada menghafal jawaban; yang berani ambil risiko, bukan yang sekadar cari aman; yang memiliki visi sendiri, bukan mengikuti visi orang lain atau perusahaan tempat dia bekerja. Kita kekurangan orang-orang yang berkarya.

 

 

.Judul             :   Indiepreneur

Pengarang     :   Pandji Pragiwaksono

Terbit              :   2015 , Bentang Pustaka

Rating           :   4.22/ 5 (Goodreads)

Beli                :   Hard Book , EbookFree Ebook ( Censored Version)

 

 

 

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

6 replies to Indiepreneur (Pandji Pragiwaksono)

  1. Wah sepertinya menarik bukunya. Nanti coba saya cari di ijakarta ada atau tidak. Lagipula akhir-akhir ini sulit sekali dapat waktu untuk membaca he he he…..

    • Iya mas coba cari aja, ini buku bermanfaat banget. 🙂

  2. ternyata pandji penulis buku juga ya

    • Iya mbak, tapi bukunya kebanyakan serius sih, nggak ada lucu-lucunya, hahaha

  3. Wah boleh juga nie bukunya, gw penasaran sama yang promosi ke medsos, kalo dia kan sudah punya nama di dunia ofline.. Kemungkinan akan lebih mudah kalo masuk ke medsos karena semua kenal.

    Bagaimana klo kayak gw yang bukan siapa2, apa bisa dengan mudah menerapkan G8 Promotion ituh..

    • Mungkin bisa dengan menggratiskan dulu karya-karya awal kita. Dulu pas awal-awal Pandji juga menyediakan ebook-ebooknya secara gratis di blog-nya. Dari situlah orang mulai tahu kalau ternyata tulisannya bagus sehingga buku berikutnya yang ia terbitkan menjadi sangat ditunggu-tunggu.

      Atau kalau masih susah bisa juga menggunakan tools digital marketing yang sudah pernah saya singgung di artikel “Sosial Media, Antara Dampak Negatif dan Peluang”

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!