Selain Musik, Ternyata Kita Juga Bisa Mendengarkan Konten-Konten Ini di Spotify

konten spotify selain musik
gambar : psynnoticias.com

Seiring dengan perkembangan koneksi internet yang semakin cepat, terjadi beberapa perubahan besar dalam hal menikmati musik. Aplikasi-aplikasi pemutar musik online mulai bermunculan, salah satunya adalah Spotify.

Sejak awal kemunculannya, Spotify telah berhasil menarik perhatian banyak orang. Aplikasinya di Play Store bahkan telah diunduh lebih dari 500 juta kali.

Namun tak sedikit pula yang enggan menggunakan Spotify karena menganggap bahwa biaya berlangganan premium-nya sangat mahal.

Saya sendiri menggunakan versi gratisannya yang cukup bisa dinikmati meski tak bisa memutar lagu secara offline dan diselingi iklan setiap beberapa track.

Aktivitas favorit saya di Spotify adalah mendengarkan lagu-lagu Indonesia lawas. Lagu-lagu hits tahun 2000-an yang entah kenapa saat ini terdengar lebih enak di telinga. Saya juga selalu memutar lagu-lagu soundtrack Spirited Away di Spotify sebagai lagu pengantar tidur. Ini membuat saya tak pernah absen membuka aplikasi Spotify setiap hari.

Termasuk kemarin saat sedang bingung mau mendengarkan lagu apa, saya iseng membuka menu-menu serta playlistplaylist-nya satu per satu dan menyadari bahwa ternyata Spotify tak hanya berisi konten musik saja. Ada banyak konten lain yang tak kalah menarik.

Podcast

Konten favorit saya ini ternyata bisa dinikmati di Spotify. Cukup dengan menekan menu podcast di aplikasi maka akan muncul judul-judul podcast yang jumlahnya cukup banyak.

konten-konten spotify

Sayangnya di antara sekian banyak Podcast yang ada, saya tak menemukan satupun podcast berbahasa Indonesia. Tetapi saya masih menemukan beberapa podcast favorit saya salah satunya adalah Guardian Football Weekly.

Lokasi : browse > podcast

Puisi

Ini menarik karena biasanya jarang ada aplikasi pemutar audio yang menyediakan konten puisi di dalamnya. Spotify menyediakan banyak sekali puisi dengan berbagai tema. Ada puisi tentang cinta, musim semi, dll. Semua puisi di Spotify adalah puisi-puisi berbahasa Inggris.

konten-konten spotify

Lokasi : browse>genre & moods>word

Audiobook

Bagi anda yang sedang malas membaca buku mungkin mendengarkan audiobook adalah solusinya. Sayangnya lagi-lagi semua buku yang tersedia adalah buku berbahasa Inggris.

Beberapa judul buku populer yang tersedia diantaranya Serial Sherlock Holmes, The Adventure of Huckleberry Finn, The Great Gasby, Pride & Prejudice, 1984, Brave New World, dan masih banyak lagi.

konten-konten spotify

Lokasi : browse>genre & moods>word

Drama

Bagi anda yang sudah cukup berumur mungkin dulu pernah mendengarkan sandiwara radio. Itu adalah hiburan yang sangat menyenangkan, apalagi kalau didengarkan malam-malam.

Di Spotify kita bisa kembali bernostalgia dengan mendengarkan audio-audio drama.

Sejauh ini saya baru menemukan satu playlist drama yang berjudul Shakespeare : The Tragedies. Playlist ini berisi kumpulan drama dari sastrawan Inggris ternama William Shakespeare yang total berdurasi 23 jam 47 menit!

Lokasi : browse>genre & moods>word

Panduan Meditasi

Konten ini mungkin akan sangat berguna bagi anda yang berniat untuk rutin bermeditasi. Di dalam playlist Guided Meditation ada banyak sekali tracktrack panduan meditasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Lokasi : browse>genre & moods>word

Komedi

Ada juga konten lawak atau komedi , kebanyakan adalah stand up comedy. Semuanya dibagi ke dalam playlist yang berisi tema-tema tertentu. Tetapi jangan tanya apakah ada stand up comedian asal Indonesia karena jawabannya sudah pasti adalah tidak ada, setidaknya sampai kemarin belum ada.

Lokasi : browse>genre & moods>comedy

Cerita-Cerita

Kalau audiobook terlalu panjang dan menghabiskan waktu lama, anda mungkin bisa mencoba mendengarkan cerita-cerita yang lebih pendek. Ada bermacam-macam cerita, dari mulai cerita seram, fairy tales, cerita natal, cerita binatang, sampai cerita petualangan.

Lokasi : browse>genre & moods>word

Pelajaran Bahasa

Kita juga ternyata bisa mempelajari bahasa asing di Spotify. Dengan catatan harus lebih dulu menguasai bahasa Inggris tentunya. Ada beberapa playlist pelajaran bahasa yang tersedia di antaranya adalah Bahasa Jerman, Spanyol, Irlandia, Portugal, Rusia, Swedia dll.

Lokasi : browse>genre & moods>word

Selain berisi jutaan lagu dari berbagai bahasa, genre dan era, ternyata Spotify juga memiliki konten-konten lain yang tak kalah menarik. Sayangnya karena kemampuan bahasa Inggris yang belum terlalu baik saya mungkin cuma akan mendengarkan podcast sepak bola, puisi, dan panduan meditasi.

Semoga saja Spotify segera menyediakan audiobook dan cerita-cerita berbahasa Indonesia.

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!