Siapa Sebenarnya Captain America? Pertanyaan yang Terjawab

captain-america-civil-war-poster-fea-1200x737source: google images

Beberapa hari ini, di media sosial saya lihat banyak sekali orang membicarakan film Captain America: Civil War.  Hal pertama yang muncul dalam kepala saya adalah, siapa itu Captain America?

toy-fair-2016-hasbro-marvel-captain-america-civil-war-electronic-titan-hero-series-figure-captain-america

source: google images

Ok, saya sudah tahu kalau dia adalah seorang superhero dengan ciri khas baju seragam berwarna seperti bendera Amerika Serikat, memakai helm dan tameng berbentuk bundar berlambang bintang. Tetapi siapakah dia? Apa kemampuannya?

Sejujurnya awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan superhero yang satu ini. Saya lebih tertarik dengan Spiderman dan Ironman.

Tetapi saya sangat  penasaran dengan sosok Captain America.Apalagi katanya di Civil War dia akan berhadapan dengan Iron Man.. Sedikit banyak saya sudah tau seperti apa kemampuan Iron Man. Iron Man bisa terbang dan bisa melakukan serangan dari jarak jauh. Dia juga punya baju yang amat kuat. Satu lagi, dia punya teknologi canggih yang bisa membantunya menganalisa kekuatan dan kelemahan lawan.

Dengan melihat kekuatan-kekuatan Iron Man tadi, saya asumsikan Captain America yang akan berduel lawan Tony Stark aka Ironman ini pasti punya kemampuan yang tak kalah hebatnya. Bisa lari kenceng mungkin, bisa ngilang mungkin. Jago berantem mungkin, jago ngeles mungkin.

Karena semakin penasaran akhirnya saya tonton film Captain America yang pertama. Dari film itu saya baru ngeh kalau dia adalah superhero yang udah uzur. Bayangkan, dia udah ada pas Jerman perang lawan Amerika, itu terjadi pas perang dunia kedua, sekitar tahun 1942-1945. Jadi tepat saat di Indonesia muncul pahlawan pahlawan proklamasi seperti Sukarno dan Hatta, jauh di belahan bumi lain muncul juga pahlawan yang bernama Captain America ini.

Pertanyaannya, kenapa Captain America sampai sekarang masih eksis sementara Captain Indonesia aka Sukarno sudah tiada?

Jangan dijawab, itu pertanyaan  bodoh. Saya bahkan malu sudah menulisnya.

Di film tersebut diceritakan kalau Captain America ini aslinya bernama Steve Rogers. Awalnya Rogers ingin jadi tentara Amerika. Tapi apa boleh buat, tubuhnya amat kecil untuk menjadi tentara. Dia selalu gagal saat menjalani seleksi.

Namun meskipun badannya kecil, dia punya nyali yang gede. Ini dibuktikan di sebuah adegan dimana dia dipukuli preman sampai babak belur tapi dengan entengnya dia malah bilang, “I can do this all day!”

Selanjutnya, seperti kisah-kisah superhero kebanyakan, Rogers mengalami perubahan nasib 180 derajat.

Seorang ilmuwan terkesan dengan keberaniannya. Rogers lalu dijadikan objek uji coba penemuan si peneliti. Tubuhnya disuntik dengan serum yang membuat tubuhnya yang kecil kurus menjadi seperti seorang binaragawan dalam beberapa menit saja. Padahal kalau ngegym minimal 3 bulan tuh baru bisa kayak gitu. Itu juga kalau badannya udah gemuk.

Belakangan juga diketahui kalau serum itu juga membuatnya lebih kebal dan cepat menyembuhkan diri.

Singkat cerita, Rogers menjadi Captain America dan menjadi andalan Amerika saat PD 2 dan berhasil mengalahkan Jerman.

Perisai yang selalu dibawa bawa Captain America  dibuat oleh seorang ilmuwan militer Amerika yang namanya Stark (Dilihat dari nama dan kemiripan wajah, dia pasti bapaknya Ironman). Bahannya adalah logam yang sangat langka, entah namanya apa.

Di akhir film Captain America mengorbankan dirinya dengan menjatuhkan pesawat milik Jerman yang akan digunakan untuk menyerang Amerika ke lautan Es)

Saya sempat berpikir. Oh, mungkin ceritanya Captain America mati di sini terus arwahnya gentayangan di Civil War. Kalau itu yang terjadi saya yakin Ironman akan kewalahan. Teknologinya nggak akan mempan melawan arwah gentayangan.

Kesan pertama saya tentang Captain America adalah dia merupakan superhero dengan kemampuan fisik yang walaupun lebih kuat dari manusia normal, tapi tidak bisa dibilang luar biasa. Tetapi kelebihannya yang utama adalah dia seseorang yang cerdas, pemberani dan mampu menarik simpati banyak orang. Tipikal pemimpin sejati. Tamengnya juga sangat kuat. Tahan terhadap peluru maupun bom dan bisa menahan benturan keras. Beberapa kali Captain America menggunakannya sebagai alas untuk menjatuhkan diri. Nggak main-main, meskipun dia jatuh dari pesawat atau terseret-seret di jalan asalkan beralaskan tamengnya, Captain America nggak akan terluka sedikitpun.

Selesai dengan film Captain America, saya lanjut menonton The Avengers.

Di film ini diceritakan  Captain America masih hidup setelah  jatuh dari pesawat. Hanya saja dia membeku karena jatuh di lautan es. Dia diselamatkan oleh agen rahasia dan ajaibnya, meskipun pesawatnya jatuh tahun 1945 dan dia baru ditemukan tahun 2012, dia masih awet muda.

Ini menunjukkan kalau es adalah zat pengawet yang sangat baik. Tak hanya ikan asin, umur manusia pun bisa diawetkan dengan es.

Di film Avengers ini, Captain America sudah ketemu sama Ironman. Dari awal memang mereka sudah terlihat nggak  akur Sebenarnya kalau saya liat semua superhero anggota Avengers nggak ada yang akur, semuanya pernah saling serang satu sama lain.

Tapi walaupun demikian mereka akhirnya bekerja sama untuk menyelamatkan bumi. Dan ada satu adegan yang lucu dimana Captain America dan Ironman bekerja sama. Saat itu pesawat tempur mereka rusak dan mereka berupaya untuk memperbaikinya. Ironman tentu saja lebih punya kemampuan dalam hal ini dia bisa terbang dan punya teknologi pintar. Sementara Captain America yang nggak ngerti teknologi harus rela disuruh-suruh sama Ironman.

Overall setelah menonton film Captain America dan  The Avengers, saya lebih condong berada di pihak Captain America.

Ini adalah beberapa alasannya,

  • Menurut saya dari semua superhero Marvel yang pernah saya tonton, Captain America ini adalah yang paling realistis. Dia adalah superhero yang kemampuannya paling bisa diterima dengan akal. Bekal dia cuma kekuatan otot dan strategi serta keberanian. Perisainya terbuat dari logam dan sama sekali tidak mempunyai teknologi apapun. Kalau perisai itu dilempar, Captain America harus mengambilnya kembali. Bandingkan dengan Ironman yang bajunya saja bisa dikontrol dengan pengendali jarak jauh.
  • Dia adalah yang paling rendah hati di antara Avengers. Meskipun dia sebenarnya bisa menyombongkan diri karena dia adalah Superhero tertua, dan yang pertama. Dia lebih sering berperan sebagai pemimpin dan penengah.
  • Captain America adalah superhero yang saya yakin nggak bakalan berkhianat. Beberapa superhero lainnya memiliki kekuatan super sekaligus ego yang tinggi pula. Bisa saja suatu saat mereka mencoba menguasai dunia. Hal inilah yang nggak akan mungkin dilakukan oleh Captain America mengingat karakternya yang rendah hati dan sederhana.

….

Sekarang saya sudah tahu siapa itu Captain America dan siapa itu IronMan. Tapi kayaknya saya belum siap untuk nonton Captain America: Civil War. Masih ada satu film lagi yang harus saya tonton, yakni Avengers: Age of Ultron. Lagipula katanya di Civil War juga ada AntMan.

Superhero apalagi ini?

Tampaknya saya juga harus menonton film Ant Man.

Jadi kesimpulannya saya akan menonton Captain America: Civil War saat

Versi bluray nya sudah bisa didwonload.

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

Punya pertanyaan atau pendapat lain? Jangan ragu untuk berkomentar!