Feature & Opini

rs5659_122584470-low_0
britishcouncil.com

Pada awal-awal mengenal internet, hal yang paling sering saya cari saat browsing adalah berita.

Saat itu saya sepertinya begitu “haus” akan informasi hingga setiap hari saya tak pernah absen membuka portal-portal berita online.

Berita online mengubah cara saya mendapatkan informasi. Dari semula hanya menunggu siaran berita di televisi, radio, atau surat kabar, tiba-tiba semuanya berubah.

Saya tak perlu menunggu lagi. Saya hanya perlu mencari di mesin pencari atau media sosial dan peristiwa yang terjadi satu menit yang lalu pun bisa langsung saya ketahui.

Awalnya memang menyenangkan bisa terus update dengan info-info terbaru. Tetapi lama-lama saya mulai pusing. Mudahnya mencari informasi membuat saya sering mengkonsumsi bacaan-bacaan yang tidak terlalu penting. Apalagi kualitas artikel-artikel yang ada di situs-situs berita online bisa dibilang tidak terlalu bagus karena ditulis dengan terburu-buru.

Akibatnya saya merasa otak saya seperti penuh dengan sampah informasi.

Karena itu, sejak setahun lagi saya tak lagi mengunjungi situs-situs berita. Saya hanya mengikuti akun-akun mereka di media sosial.

Sebagai gantinya, saya memutuskan untuk lebih banyak membaca feature artikel dan opini.

 

Feature

Feature adalah salah satu teknik penulisan berita jurnalistik, untuk mengungkapkan secara panjang lebar dan mendalam, suatu realitas sosial yang dijumpai di tengah masyarakat. Berdasarkan batasan itu, di kalangan jurnalis Indonesia, feature disebut juga berita kisah atau berita bertutur.

sabda.org

Tentu saja karena saya menyukai sepakbola kebanyakan artikel feature yang saya baca adalah tentang olahraga terpopuler di dunia tersebut.

Dengan membaca feature, saya bisa mendalami suatu kejadian secara mendalam. Sebuah artikel feature bertema sepakbola tak mungkin cuma menyuguhkan bahasan permainan 11 lawan 11 selama 90 menit saja.

Pasti ada unsur-unsur lain yang ditambahkan. Bisa jadi analisa, sejarah pertemuan kedua tim, atau bahkan topik-topik politik, sosial, atau ekonomi yang melatarbelakangi pertemuan antara tim-tim tersebut.

Saya selalu menyukai artikel-artikel feature. Bahkan saya sekarang cukup rajin membaca artikel-artikel feature bertema politik dan ekonomi yang dulu tidak saya sukai.

Opini

Opini adalah pendapat / pandangan maupun anggapan seseorang terhadap suatu peristiwa atau permasalahan tertentu.

kuliah.info

Artikel lain yang sekarang ini menarik perhatian saya adalah artikel opini.

Agak aneh memang karena jika dulu saya suka membaca artikel-artikel berita yang berisi fakta-fakta dan objektif, kini saya malah lebih suka membaca artikel opini yang sangat subjektif.

Mungkin karena artikel opini cenderung lebih unik dan tak mungkin ditemukan di situs lain. Selain itu, artikel opini juga mampu membuat pembacanya melihat sebuah kejadian dari kacamata penulis. Ini menarik karena setiap orang punya sudut pandang yang berbeda dan unik.

Pangeran Siahaan adalah salah satu penulis favorit saya. Artikel-artikelnya yang sebagian besar adalah opini sangatlah menarik. Selain karena gaya menulisnya yang sarkastik, Pange juga selalu punya cara pandang yang tidak biasa terhadap segala sesuatu.

Dalam tulisannya dia pernah membandingkan keberhasilan Cristiano Ronaldo dan Portugal mengangkat trofi Piala Eropa dengan apa yang dialami Michael Phelps  dan regu renang Amerika Serikat di ajang Olimpiade.

Pange yang seorang fans Manchester United (MU) bahkan pernah dimaki-maki oleh sesama suporter MU akibat tulisannya yang secara sarkas menyindir klub tersebut.

Sarkasme memang hal yang lumrah ditemui di artikel-artikel opini.

Sayangnya masih banyak pengguna internet yang tak bisa membedakan berita dan opini apalagi yang disertai dengan sarkasme.

Sering terjadi, seseorang menuduh sebuah situs menyebarkan berita hoax hanya karena mereka tak tahu kalau yang mereka baca itu adalah artikel opini.

Padahal di setiap artikel opini biasanya terdapat keterangan bahwa artikel tersebut adalah murni pandangan penulis dan isinya  berada di luar tanggung jawab situs tersebut.

Artikel opini tak bisa dijadikan pegangan, tetapi akan sangat memperkaya sudut pandang.

..

Di jaman membludaknya informasi seperti sekarang ini, alangkah baiknya kalau kita lebih selektif dalam memilih bahan bacaan, apalagi bacaan online.

Artikel-artikel feature dan opini adalah pilihan yang bagus sebagai bahan bacaan yang menghibur dan menambah pengetahuan.

AuthorFirman

Penyuka sepak bola dan bacaan.

One reply to Feature & Opini

  1. Pingback:

Comments are closed.